Saturday, October 3, 2015

Tips Untuk Pengguna Kendaraan Umum

Tinggal di kota besar memiliki banyak kelebihan dan kekurangan.
Tinggal di kota besar kita dituntut untuk kerja cepat dan tepat. 
Salah satu hambatan tinggal di kota besar adalah tingkat mobilitas transportasi kendaraan yang tinggi yang mebuat kemacetan.

Salah satu solusi tepat untuk menghindari kemacetan adalah menggunakan kendaraan umum. Namun, menggunakan kendaraan umum juga memiliki beberapa poin negatif yaitu banyaknya tindak kejahatan yang mungkin terjadi. 
Kasus kejahatan yang sering terjadi di kendaraan umum di kota-kota besar antara lain pelecehan seksual, pencopetan, hipnotis, pemerkosaan, dan masih banyak lagi.

Untuk itu di artikel ini saya akan memberikan beberapa tips untuk kalian para pengguna kendaraan umum agar terhindar dari kejahatan yang ada. Berikut tipsnya :

1. Selalu Bersikap Waspada
Waspada saat berada di kendaraan umum adalah hal penting yang harus dilakukan. Terlebih saat di kendaraan tersebut terdapat banyak penumpang. Usahakan tetap fokus dan waspada terhadap lingkungan sekitar dan selalu awasi barang bawaan anda. Jangan terlalu larut bermain dengan handphone anda.

2. Jangan Menggunakan Barang Bengharga Berlebihan
Tindakan kejahatan terkadang terjadi bukan karena niat, terkadang kejahatan terjadi karena ada kesempatan. Maka dari itu, jangan gunakan perhiasan yang mencolok yang mengundang penjahat untuk menjambret anda.

3. Jangan Gunakan Pakaian Minim
Seperti yang kita ketahui, kasus pelecehan seksual di kota-kota besar tidaklah sedikit dan tingkat pelecehan seksual yang terjadi seiring waktu semakin sadis. Hal tersebut juga disebabkan karena keteledoran dari pihak wanitanya sendiri yang berpakaian "mengundang". Jadi, gunakanlah pakaian yang layak dan sopan saat menggunakan kendaraan umum.

4. Hargai Penumpang Lain
Saat menggunakan kendaraan umum, ada hal penting yang perlu diperhatikan yaitu hargai penumpang lain. Karena tidak bukan sendiri di kendaraan umum tersebut, Berikanlah tempat duduk untuk orang-orang yang diprioritaskan seperti lansia, ibu hamil, ibu dengan balita, dan orang berkebutuhan khusus (saat menggunakan kereta)

Berikut beberapa hal penting yang perlu diperhatikan saat menjadi pengguna kendaraan umum.


By Adinda Nabila Herdani -- Geofisika

No comments:

Post a Comment