Saturday, October 3, 2015

DEADLINER ......NO WAY...!!!



SALAM SUPER,SALAM TEMPEL …HAi guys ketemu lagi sama ague khoir.manusia yang masih mencari jati diri sebenernya dan tujuan hidupnya heheu.pada kesempatan kali ini gue mau sharing tentang pengalaman gue (Like always)  tentang  me-manage WAKTU.sebenernya gue masih belajar sih buat nerapin ini meskipun sering kali gagal karena gue gk konsisten menjalaninya.mungkin bagi lo yang konsisten mau menjalani hal yang ada disini gue yakin lo bakal merasakan perubahan yang signifikan dalam hidup lo”kesannya lebay”tapi bener deh soalnya banyak testimoni yang udah ngerasaiin betapa amazingnya efek dari itu semua.Sejujurnya langkah-langkah ini  gue sadur atau gue ambil dari buku “7 habits” dari Steven R covey .jadi kalo lu males liat tulisan gue yang tingkat kejayusannya tingkat dewa dah kwkw,meningan lo langsung beli (kalo masih ada) dan baca aja disitu.Mari kita kembali ke topic kalo kata orang sih waktui sih emang seperti pisau,di satu sisi jika menggunakannya dengan baik  lu akan bisa menaklukan waktu tersbut,tapi kalo lu gak bisa menggunakannya maka bersiap-siaplah untuk ditaklukan oleh waktu .
Lu pasti pernah kan berhadapan sama moment dimana lu dikejar waktu yang sedikit lagi, buat nggerjain sesuatu tugas .dan dimana tugas lu menumpuk gara-gara lu menunda-nunda tugas dan akhirnya tugas tersebut tidak terselesaikan.Menurut gue masalahnya disini bukan karena kuantitatas pekerjaanya tapi kualitas lu mengerjakan tugas lah yang mesti di salahkan karena  lu gak bisa mengatur waktu sedemikian rupa supaya bisa terbagi se-efektif dan se-efisien mungkin

Disini gue mau sharing cara supaya bisa sedikit menghilangkan sifat deadliners itu ,yaitu dengan membagi pekerjaan yang kita lakukan ke dalam beberapa tingkatan prioritas yaitu ;
Langsung aja cekidot

Penting : Semua kegiatan yang relevan / sejalan dengan visi hidup, obsesi, cita-cita, atau apapun yang jadi tujuan jangka panjang lu.
Mendesak : Semua kegiatan yang kalo gak lu lakukan dengan segera, lu ga akan dapet kesempatan lain untuk melakukan hal itu lagi.
1. Penting dan Mendesak, sesuatu yang tidak terduga terjadi di luar perencanaan. Contohnya : rumah dan segala harta benda lu kebakaran, lu ngejar deadline penting mendadak yang relevan dgn cita-cita lu, dll.
2. Penting dan Tidak Mendesak, Nah ini dia hal-hal penting jadi ngedukung cita-cita, visi hidup, dan obsesi lu. Contohnya : Baca buku-buku berkualitas, olahraga teratur, belajar banyak hal, bangun koneksi, dll.
3. Tidak penting dan Mendesak, contohnya : angkat telepon, angkat jemuran waktu ujan, buka pintu kalo ada yang ngetok, ngintip rok cewek, dll.
4. Tidak penting dan tidak mendesak, contohnya : mandi, gosok gigi, nyabutin rumput tetangga, nimba sumur, dll.

 So itu jadi pemagian prioritasi,dengan begitu lu bakal stict banget ama yang namanya waktu.jadi gk ada yang namanya kurang waktu lah..apa lahh..wkwk.Semoga tulisan ini dapet membantu yang membaca ini.khusunya buat gue juga yang sering menunda-nunda pekerjaan

dipost oleh Muhammad Farkhan Khoir
                  Geofisika 2015

No comments:

Post a Comment