Saturday, October 3, 2015

Peran Sarjana dalam Menghadapi MEA dalam Sektor Oil and Gas




Desember 2015 awal merupakan awal baru Indonesia memasuki AEC/Masyarakat Ekonomi ASEAN. Siapkah para sarjana Indonesia untuk berkompetisi terutama memasuki industri oil and gas?
Berikut adalah gambaran umum dari MEA dan kondisi sarjana di Indonesia sendiri. Mahasiswa serta sarjana Indonesia harus mampu bersaing dengan negara ASEAN, pengangguran Indonesia mencapai 5,92% atau 7,17 juta. Sebanyak 360 ribu orang pengangguran atau 5% lulusan sarjana universitas. Datangnya sarjana impor yang siap pakai dibayar di bawah standar Indonesia. Minimnya sarjana Indonesia memiliki akan soft skill dan hard skill. Sarjana Indonesia minim siap pakai dan siap guna untuk saat ini berbanding dengan negara – negara anggota asean

        
Hal peluang sarjana di sektor oil & gas, industri migas membutuhkan kompetensi dari banyak bidang, seperti geologis, geofisis, yang berperan untuk melakukan studi seismic, estimasi subsurface. Perminyakan berperan dalam drilling, optimalisasi recoverable reserve (menguras migas dari dalam ke luar). Teknisi mesin, elektro, sipil yang jelas berperan dalam konstruksi dan operasi, dan masih banyak lagi.

Lalu, persiapan apakah yang diperlukan dalam menuju industri oil & gas ? apa cuman dengan gelar sarjana saja ? tentu tidak, kita butuh yang namanya bahasa, yap bahasa inggris, karena kita gak bakal kerja sama orang Indonesia aja, melainkan kerja sama dengan orang-orang dari seluruh dunia. Selanjutnya kita butuh yang namanya skill kompetensi, iyalah masa mau kerja di industri oil & gas tapi skill gak ada ? Terus apakah kedua hal itu udah cukup ? Belum, kita masih butuh mental yang kuat sama kemauan untuk belajar terus menerus. Kenapa mental yang kuat ? iya karena kita bakal kerja di laut lepas (kalo yang offshore), di mana sekeliling kita itu cuman laut, gak ada apa-apa lagi.
Oke, sekian dari tulisan maba sotoy ini, sumber ini gua dapetin dari seminar yang disampaikan oleh ibu Safria, S.T, M.T, seorang Business agent at logistics & purchasing agent and Management di offshore-skill.com

Aji Ahmed M./1506737123
Geologi'15



No comments:

Post a Comment