Desember
2015 awal merupakan awal baru Indonesia memasuki AEC/Masyarakat Ekonomi ASEAN.
Siapkah para sarjana Indonesia untuk berkompetisi terutama memasuki industri
oil and gas?
Berikut
adalah gambaran umum dari MEA dan kondisi sarjana di Indonesia sendiri. Mahasiswa
serta sarjana Indonesia harus mampu bersaing dengan negara ASEAN, pengangguran Indonesia
mencapai 5,92% atau 7,17 juta. Sebanyak 360 ribu orang pengangguran atau 5%
lulusan sarjana universitas. Datangnya sarjana impor yang siap pakai dibayar di
bawah standar Indonesia. Minimnya sarjana Indonesia memiliki akan soft skill
dan hard skill. Sarjana Indonesia minim siap pakai dan siap guna untuk saat ini
berbanding dengan negara – negara anggota asean
Hal
peluang sarjana di sektor oil & gas, industri migas membutuhkan kompetensi
dari banyak bidang, seperti geologis, geofisis, yang berperan untuk melakukan
studi seismic, estimasi subsurface. Perminyakan berperan dalam drilling, optimalisasi
recoverable reserve (menguras migas dari dalam ke luar). Teknisi mesin,
elektro, sipil yang jelas berperan dalam konstruksi dan operasi, dan masih
banyak lagi.
Lalu,
persiapan apakah yang diperlukan dalam menuju industri oil & gas ? apa
cuman dengan gelar sarjana saja ? tentu tidak, kita butuh yang namanya bahasa,
yap bahasa inggris, karena kita gak bakal kerja sama orang Indonesia aja,
melainkan kerja sama dengan orang-orang dari seluruh dunia. Selanjutnya kita
butuh yang namanya skill kompetensi, iyalah masa mau kerja di industri oil
& gas tapi skill gak ada ? Terus apakah kedua hal itu udah cukup ? Belum,
kita masih butuh mental yang kuat sama kemauan untuk belajar terus menerus. Kenapa
mental yang kuat ? iya karena kita bakal kerja di laut lepas (kalo yang
offshore), di mana sekeliling kita itu cuman laut, gak ada apa-apa lagi.
Oke,
sekian dari tulisan maba sotoy ini, sumber ini gua dapetin dari seminar yang
disampaikan oleh ibu Safria, S.T, M.T, seorang Business agent at logistics
& purchasing agent and Management di offshore-skill.com
Aji Ahmed M./1506737123
Geologi'15
No comments:
Post a Comment