Friday, October 2, 2015

Stage Fright

Pernah nggak sih kalian mengalami gugup pada saat mau maju. Baik itu public speaking ataupun cuman buat presentation? Tentu pernah kan?
Nah gimana cara ngatasinnya?

Tarik nafas selama 30 detik. Ini penting banget buat kalian yang bener-bener gugup. Karena pada saat kita inhale dan exhale ada beberapa selang kita punya waktu berpikir jernih. Yang harus dipikir bukan persentasi lo bakal sukses apa nggak. Tapi berpikirlah dan bertanyalah pada diri lo sendiri :
seberapa besaranya pengaruh persentasi ini ke hidup lo?
Karena jika bertanya ini ke diri lo sendiri dan kemungkinan besar jawabannya adalah KECIL, maka pikiran bakal lebih relax dari sebelumnya. Sejujurnya gue selalu ngalamin stage fright setiap mau presentasi depan dosen, interview, kompetisi, public speaking sih intinya, tapi lama-kelamaan gue tersadar karena pertanyaan ini masuk ke otak gue. Walaupun nggak dalam sekejab presentasi bakal bagus dan nggak jamin bakal buat lo langsung tenang, tapi setidaknya udah ada selintas pertanyaan ini masuk ke otak dan otak bakal memproses pertanyaan ini dan kemudian lo bakal tahu seberapa kecil pengaruhnya presentasi ini ke hidup lo.
written by : sarfinaadani-geologi

No comments:

Post a Comment