Friday, October 2, 2015

SLEEP PARALYSIS



Sleep Paralysis




Jadi... Sleep Paralysis itu bahasa keren dari yang namanya “erep-erep” atau “tindihan”.  Menurut medis, sleep paralysis diartikan sebagai keadaan ketika orang akan tidur atau bangun tidur merasa sesak napas seperti dicekik, dada sesak, badan sulit bergerak dan sulit berteriak meskipun orang itu sadar bahwa dirinya tertidur. Hampir setiap orang pernah mengalaminya. Setidaknya sekali atau dua kali dalam hidupnya .



Orang-orang jaman lawas di Indonesia bilang sleep paralysis itu terjadi karena kita ditindih sama jin waktu kita tidur. Ya... wajar sih, karena biasanya waktu lagi sleep paralysis kita berhalusinasi ngeliat sosok gelap. Nah, sebenernya sih, sleep paralysis itu dapat dijelaskan secara ilmiah. Berdasarkan gelombang otak, tidur terbagi dalam 4 tahapan. Tahapan itu adalah tahap tidur paling ringan (kita masih setengah sadar), tahap tidur yang lebih dalam, tidur paling dalam dan tahap REM (Rapid Eye Movement). Pada tahap REM-lah mimpi terjadi. Saat kondisi tubuh terlalu lelah atau kurang tidur, gelombang otak tidak mengikuti tahapan tidur yang seharusnya. Jadi, dari keadaan sadar (saat hendak tidur) ke tahap tidur paling ringan, lalu langsung melompat ke mimpi (REM), hal inilah yang menyebabkan sleep paralysis. Terus kenapa kita melihat bayangan-bayangan aneh waktu lagi sleep paralysis (dengan mata terbuka)? Itu karena otak kita masih bermimpi dan membuat halusinasi dari mimpi tersebut ke alam sadar kita.


Waktu masih SMA, saya sendiri sering banget ngalamin sleep paralysis, bahkan hampir setiap malam.  Gejala sleep paralysis ini biasanya dikaitkan dengan kurang tidur, lelah, stres atau bahkan depresi(?). Kalau saya nyeritain ke orang-orang biasanya responnya malah “ih enak banget... gue pengen deh kaya gitu...” padahal sih menurut saya rasanya sleep paralysis tiap malam itu ngga enak banget, capek rasanya. Terus biasanya orang-orang balesnya “Kan enak kalo sering tindihan, jadi gampang ngeaktifin lucid dream (Pengontrol mimpi)”. Memang sih jadi lebih gampang, tapikan belum tentu aktif dan rasanya tindihan itu bener bener ngga enak.

Tapi, ada yang beda nih dari sleep paralysis yang saya alami. Jadi sleep paralysisnya sih kayak biasa, mata ngga bisa kebuka, mau ngangkat anggota tubuh berat, mau teriak ngga bisa juga, yang beda adalah, waktu saya sleep paralysis saya ngerasa kaki saya diangkat (kayak sikap lilin) berkali-kali sama sesuatu. Kadang-kadang saya juga ngerasa kaki saya ditarik, terus saya keseret dengan kecepatan tinggi, waktu diseret saya bener bener bisa ngerasain angin yang berhembus karena seretan itu, tapi mau meronta-ronta juga ngga bisa wkwk. Selain itu saya pernah nantangin sesuatu yang ngangkat kaki saya (waktu itu masih ngira sleep paralysis itu digangguin jin). Karena sering banget diangkat-angkat kakinya saya bilang dalam hati waktu lagi sleep paralysis “Anjir... lo Cuma bisa ngangkat-ngangkat kaki doang? Ga mau nyoba lempar badan gue ke lantai gitu?” terus akhirnya kaki saya serasa keseret dari tampat tidur, dan jatuh ke lantai. Waktu lagi sleep paralysis itu saya bener-bener bisa ngerasain dinginnya lantai di pipi saya tapi saya tetep ngga bisa buka mata, apalagi bergerak. Setelah terbangun dari sleep paralysis itu, saya masih dalam keadaan tertidur di kasur dan selimut yang menutupi saya masih rapih. Emang agak creepy kalau pertama kali sleep paralysis. Tapi akhirnya saya ngerti kalo itu Cuma halusinasi otak saya doang.
            Nah itu sedikit cerita mengenai sleep paralysis. Jangan lupa baca tulisan yang lain ya...

Muhammad Kukuh Al Rasyid_1506740976_Geofisika

No comments:

Post a Comment