Thursday, October 1, 2015

Haruskah Pemuda Berwirausaha

Haruskah Pemuda Berwirausaha
“ Setinggi apapun pangkat yang Anda miliki, Anda tetap seorang pegawai. Sekecil apapun usaha yang Anda punya, Anda adalah bossnya.”   (Bob Sadino)


             Sebuah untaian kalimat yang menginspiratif terlontar dari seorang Bob Sadino, seorang pengusaha sukses. Dikala itu Bob Sadino yang berhasil menjadi seorang pengusaha sukses terus memotivasi generasi muda untuk sukses berwirausaha. Beliau berkata bahwa awal dari kesuksessan adalah berwirausaha. Sangat penting bagi para pemuda untuk berwirausaha, karena terdapat slogan “ yang muda, yang menginspiratif. Yang muda, yang berwirausaha ”. pemuda tidak boleh terlepas dari semangat berwirausaha, dengan berwirausaha kita dapat membangun kreatifitas yang dapat bermanfaat bagi orang lain dalam hal membuka lowongan kerja baru.

              Saat ini sudah seharusnya pemuda bangkit untuk berwirausaha, bukan saatnya pemuda hanya memilih menjadi karyawan atau pegawai negeri sipis alias PNS saja. Negeri ini membutuhkan pemuda yang kreatif, menginspiratif, dan memotivasi dalam berwirausaha.. kemajuan perekonomian bangsa ini sangat ditentukan oleh peran pemuda yang membuka peluang lapangan pekerjaan melalui berwirausaha. Hakikatnya wirausahawan adalah orang – orang yang dapat menjawab tantangan yang ada dengan memanfaatkan peluang. Sebenarnya banyak sekali potensi dan peluang bangsa ini untuk maju dengan cara pemuda kreatif berwirausaha. Namun, generasi muda belum sepenuhnya menyadari dan belum mengembangkan potensi yang ada dalam menjalani wirausaha. Jika pemuda menyadarinya maka banyak sekali manfaat yang dapat diambil dalam berwirausaha seperti: kemandirian, menginspirasi, membuka pendapatan, dan berbagi pada sesama.
Kemandirian dalam berwirausaha, pemuda yang mandiri apa bila mempunyai keinginan dan mampu untuk mewujudkannya tanpa tergantung pada orang lain. Seorang wirausahawan harus mandiri dalam menjalankan usahanya, serta kreatif dan inovatif dalam mengembangkan usahanya. Agar usaha yang dirintisnya dapat terus berkembang dan dapat disesuaikan dengan inovasi dari produk – produk yang ada.

                Berwirausaha dapat menginspirasi orang lain. Pemuda yang sukses berwirausaha akan menginspirasi pemuda lain untuk mengikuti jejaknya dalam sukses berwirausaha. Hal ini tentunya mendorong semangat pemuda lain untuk bekerja keras dan aktif dalam berwirausaha. Karena bahwasanya sukses dapat diraih pada usia dini oleh para pemuda yang mau bekerja keras dalam menjalani peluang dengan berwirausaha. Ternyata berwirausaha tidak hanya menginspirasi diri kita sendiri tetapi juga menginspirasi orang lain untuk sukses berwirausaha.

         Berwirausaha membuka pendapatan. Sudah jelas bahwa berwirausaha dapat membuka lapangan pekerjaan, tidak hanya membuka pendapatan untuk diri sendiri tetapi juga membuka pendapatan untuk orang lain. Menjadi wirausahawan muda berarti ikut berkontribusi dalam membuka lapangan pekerjaan, memperkerjaan orang lain untuk memanfaatkan peluang kerja yang didirikan berarti ikut mensejahterakan kehidupan orang lain. Secara tidak langsung peran ini membantu pemerintah dalam mensejahterakan rakyatnya melalui usaha yang didirikan. Sudah seharusnya kita bangga, para pemuda, apabila dapat memiliki penghasilan sendiri dan dapat membukakan penghasilan untuk orang lain.

         Dengan berwirausaha pemuda mempunyai kesempatan untuk  dapat berbagi pada sesama. Sudah seharusnya manusia berbagi untuk sesamanya yang kurang beruntung. Kesuksesan seorang pemuda dalam berwirausaha akan lebih bermakna kalau dapat berbagi pada sesama yang membutuhkan. Karena sebaik – baiknya manusia adalah yang dapat bermanfaat bagi orang lain. Coba bayangkan apabila suatu saat tidak ada lagi orang miskin, dan pengangguran tentunya negeri ini akan menjadi negeri yang maju. Sungguh besar peran pemuda yang berwirausaha dalam menjalankan roda perubahan dinegeri ini.

            Begitu mulianya menjadi wirausahawan muda yang sukses, disamping dapat mempunyai penghasilan sendiri wirausahawan muda juga dapat membukakan peluang kerja untuk orang lain. Menjadi wirausahawan muda yang sukses dapat menginspirasi orang lain dan tentunya juga dapat bermanfaat untuk orang lain. Roda perekonomian bangsa ini juga dapat terus berjalan karena peran para wirausahawan yang kreatif dan inovatif dalam mengembangkan potensi – potensi yang ada menjadi sebuah usaha yang sukses. Berwirausaha merupakan kekuatan ekonomi bangsa ini yang tentunya harus terus ditingkatkan, membangun semangat para pemuda untuk terus berwirausaha. Menjadi wirausaha adalah pilihan. Jadilah pemuda yang cerdas, pemuda yang berani untuk berwirausaha. See the opportunity and start your own business.
- Cattleya Randi –
1506728844

Geofisika

No comments:

Post a Comment