Saturday, October 3, 2015

Fotografi Ikan : Tips dan Trik


Saya ingin berbagi tentang fotografi hewan khususnya ikan. Kebetulan saya hobi fotografi dan suka motret hewan khususnya motret ikan


TEKNIS

Untuk teknis sebenarnya tidak terlalu rumit. Peralatan yang saya gunakan sederhana, seperangkat kamera dan satu buah flash atau kamera yang sudah dilengkapi dengan flash (lampu kilat)


  • Kamera
Kamera apa saja bisa digunakan DSLR, Pocket, bahkan handphone, disarankan kamera yang ada mode manualnya agar bisa diatur Shutterspeed, Aperture, dan ISO nya.
  • Flash/Lampu kilat
Fungsi flash sendiri adalah selain untuk pencahayaan juga untuk membekukan gerakan ikan. Biasanya flash           ditempatkan diatas aquarium menghadap ke bawah.
  • Posisi kamera :
Perlu diperhatikan, posisi kamera haruslah sejajar lurus dengan kaca aquarium, agar tidak terjadi distorsi pada hasil gambar. Distorsi sendiri membuat objek terlihat membesar/mengecil dan gambar tidak bisa tajam
  • Lain-lain
Pastikan akuarium bersih dari kerak dan pastikan air bersih dari kotoran.


EKSEKUSI

Hal yang sering menjadi masalah utama adalah hewan itu sendiri, hewan tidak bisa kita atur posenya seperti manusia. jadi kita yang harus pintar-pintar melihat peluang. penting sekali untuk mengenal karakteristik objek (hewan/ikan) yang ingin di foto.

Contoh:
Tiger fish saya aktif sekali,senang sekali berenang di bagian tengah dan atas akuarium.sementara Bichir saya walaupun aktif bergerak, dia lebih suka bergerak di dasaran akuarium.

Setelah mengetahui karakteristik objek (hewan/ikan), barulah mulai memotret.

Sabar,sabar, dan nikmati
Harus banyak sabar, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya. Kita tidak bisa mengatur pose hewan, mereka bergerak sesuka hatinya. Nah dalam kasus memotret ikan, gunakanlah aquarium ukuran kecil/sedang (sesuaikan dengan besar ikan ya) untuk sedikit membatasi gerakannya (terutama ikan yang aktif bergerak). Melelahkan? Dinikmati saja.


Kesimpulan
Memotret bukan sekedar masalah teknis saja, gear bukan segalanya.

Fotografi adalah tentang cahaya, jika cahaya sudah bagus (berlimpah) mau pakai kamera apapun jadi, terutama kamera handphone.

Beberapa hasil jepretan pribadi saya sebagai berikut :

1. Bichir (Palmas) --> Favorit saya :D







2. Arowana (Arwana)



3. Tiger Fish (Datnoid)




4. Cichlid (Siklid)



5. Silver Dollar


Raihan Zidan - 1506727305 - Geologi

No comments:

Post a Comment