Saturday, October 3, 2015

KRITIS DIRI SENDIRI

Apa yang ada di benak anda ketika mendengar kata kritis? hmm... pasti banyak sudut pandang mengenai definisi kritis. Apakah kritis merupakan kondisi pasien yang dirawat di rumah sakit? Bisa saja namun kritis yang dimaksud adalah pola berpikir yang mendalam dengan cara menggali informasi sejelas-jelasnya, sampai ia paham betul tentang materi secara keseluruhan. kritis dapat diaplikasikan melalui perbuatan sehari - hari misalnya dalam diskusi khususnya sesi tanya jawab dimana audience yang memiliki pola pikir kritis akan melayangkan beberapa pertanyaan yang bagus guna memperdalam pehaman tentang materi.

Lalu bagaimana dengan kritis terhadap diri sendiri? dimulai dari hal - hal terkecil sampai kita dapat menjawab pertanyaan mengapa kita hidup di dunia ini? untuk apa kita hidup? tujuan hidup menurut saya utamanya ialah untuk beribadah kepada Allah SWT, menuntut ilmu, dan berguna bagi orang lain.

Selanjutnya dalam menuntut ilmu khususnya memilih jurusan di kuliah. Mengapa saya memilih geofisika UI? pertama saya suka pelajaran fisika, namun bukan fisika murni. Oleh karena itu saya memilih geofisika untuk memadukan geografi/geologi dan fisika. Ditambah geofisika merupakan salah satu jurusan baru yang dibuka UI 2015 sehingga saya berpikir peminatnya belum terlalu banyak dan kesempatan untuk lolos besar. Mengenai prospek kerja kedepannya saya belum terlalu memikirkan karena yang terpenting ialah proses kedepannya karena rejeki sudah ada yang mengatur.

Muhamad Riziq Maulana_1506729815_Geofisika

No comments:

Post a Comment