Saturday, October 3, 2015

Pulpen, Penting nan Dilupakan


Tentunya kita semua sudah akrab dengan apa yang namanya pulpen. Kita gunakan dari hari ke hari, waktu ke waktu. Entah sudah berapa banyak tulisan yang kita goreskan darinya. Sudah belasan tahun kita habiskan bersamanya. Ribuan lembar kertas telah kita goreskan dengannya. Nah, sekarang, coba jawab ini. Siapakah penemu pulpen yang kita gunakan sekarang?



Taruhan deh, pasti kalian harus tanya mbah Google dulu sebelum tahu jawabannya, kan?

Ok, jadi ini jawabannya.

 Pulpen merupakan hasil perpaduan ide dari tiga orang di masa yang berbeda. Pada tahun 1888, John J. Loud membuat model alat tulis berupa sebuah pipa kecil berisi tinta dengan sebuah bola yang dapat berputar bebas pada ujung bawahnya. Model ini cukup mirip dengan pulpen yang kita gunakan sekarang. Namun sayang, pulpen Loud masih kurang sukses di pasaran, lantaran bolanya sering macet, dan tintanya sering bocor. Pada tahun 1938, László Bíró mematenkan desainnya, yaitu pulpen yang menggunakan ide dari Loud, namun dengan penyempurnaan pada bagian-bagiannya sehingga menghasilkan pulpen yang tidak mudah macet maupun bocor. Model pulpen inilah yang kita gunakan sampai sekarang.

Memang, hal yang kecil itu sering dilupakan. Kita tidak pernah lupa akan para penemu besar seperti Thomas A. Edison yang menemukan bola lampu, atau Wright Bersaudara yang menemukan pesawat. Akan tetapi,
seringkali hal yang kecil, walaupun penting dan sangat dekat dengan kehidupan kita, justru terasa sepele dan akhirnya dilupakan. Oleh karena itu, marilah kita menjadi lebih ingin tahu lagi terhadap apapun di sekitar kita. Sebab rasa keingintahuan merupakan penggerak kita untuk menjadi lebih maju. Salam.

Felix Andrean - 1506734424 - Geofisika

No comments:

Post a Comment