Saturday, October 3, 2015

MANFAAT MUSIK BAGI KEHIDUPAN

MANFAAT MUSIK BAGI KEHIDUPAN

Pasti dalam kehidupan ini kita akan mencapai satu titik dimana kita akan mengalami kejenuhan dan kebosanan ketika beraktivitas maupun tidak beraktivitas.
Ketika kita mencapai titik ini, kita akan mencari cara untuk menghilangkan rasa jenuh tersebut. Banyak hal yang bisa dilakukan, salah satunya adalah dengan mendengarkan music, baik dari ipod, handphone, laptop, netbook, radio, dan lain lain.
Metode mendengarkan music dianggap bisa membawa ketenangan dalam pikiran dan membuat rileks erta menyeimbangkan jiwa. Selain anggapan tersebut, mendengarkan music juga dipercaya bisa membawa aura positif baik untuk fisik maupun psikologis. Musik juga bisa menjadi sarana untuk mengembangkan kemampuan otak. Berikut beberapa fungsi music lainnya:
1.      Meningkatkan fungsi kognitif
2.      Merangsang proses asosiasif
3.      Memperluas gudang ingatan
4.      Merangsang perkembangan bahasa
5.      Merangsang perkembangan berpikit ritmis
6.      Menjaga kesehatan dan kekebalan tubuh
7.      Alat komunikasi antar manusia


Berikut beberapa jenis music sesuai dengan karakternya yang berperan dalam kehidupan sehari hari:
1.      Musik rap
Musik jenis ini mampu mengaktifkan bagian otak yang berkaitan dengan kreativitas dan lahirnya ide ide cemerlang. Manfaat ini lebih banyak diperoleh dari aliran freestyle rap, yaitu cabang dari budaya hip-hop yang mengandalkan spontanitas dan improvisasi dalam merangkai lirik. Para peneliti menemukan setiap lirik yang diciptakan secara spontan, penuh improvisasi, dan dibuat tanpa konsentrasi penuh, dapat meningkatkan aktivitas di area frontal cortex dalam otak. Area otak ini bertanggung jawab penuh atas munculnya kreativitas dan ide-ide brilian.
2.      Musik klasik
Musik klasik bisa mempertajam kemampuan otak untuk tetap menjaga focus ketika sedang beraktivitas
3.      Musik dengan tempo cepat dan enerjik
Musik jenis ini cocok didengarkan ketika sedang melakukan aktivitas yang berat. Selain itu, music ini bisa menyalurkan semangat lebih kepada pendengarnya serta member inspirasi untuk lebih aktif
4.      Lagu favorit
Bertujuan untuk mencipakan rasa senang dalam diri kita dan bisa meningkatkan mood baik saat maupun tidak sedang beraktivitas

Berikut beberapa fungsi music yang bisa kita dapat atau peroleh:
1.      Fungsi music sebagai pengungkapan emosional
Bertujuan bagi para pemainnya untuk mengungkapan perasaan yang sedang mereka miliki lewat music
2.      Fungsi sebagai penghayatan estetis
Untuk menghayati unsure seni, keindahan, ataupun nilai estetis dari music tersebut
3.      Fungsi hiburan
Sebagai salah satu seni, music menjadi hiburan untuk khalayak banyak
4.      Fungsi perlambangan
Melambangkan suatu hal, biasanya berdasarkan tempo
5.      Fungsi reaksi jasmani
Merangsang sel sel tubuh sehingga tubuh bergerak mengikuti irama music
6.      Fungsi pengesahan lembaga social atau suatu kegiatan wajib


Dari fakta fakta diatas, kita jadi tahu bahwa mendengarkan music membawa banyak pengaruh positif dalam kehidupan ini, baik secara fisik maupun psikis. Musik juga membantu kita dalam mempertajam kualitas otak dan menghindarkan diri dari rasa jenuh. Jadi, manfaatkanlah music untuk kebaikan kita bersama !!!


https://books.google.co.id/books?id=lZJixcyDDzUC&pg=PP5&lpg=PP5&dq=pentingnya+musik+untuk+kehidupan&source=bl&ots=nk54UIJiT5&sig=0YfDTBAB-GlUxXcFfyj5OSaYKTQ&hl=id&sa=X&ved=0CCAQ6AEwATgoahUKEwi7neOO-KTIAhWLcY4KHeloCV0#v=onepage&q=pentingnya%20musik%20untuk%20kehidupan&f=false


Created by: Firdaus Ramadhika/1506734456/Geologi

No comments:

Post a Comment