Saturday, October 3, 2015

Manfaat Daun Binahong



Banyak masyarakat yang belum mengetahui khasiat dari daun binahong. Sebenarnya apa itu daun binahong? Binahong yang memiliki nama ilmiah Boussingaultia atau Boussingaultia Cordifolia sebenarnya adalah tanaman obat dari dataran Tiongkok. Di Cina, daun binahong dikenal dengan nama Dheng San Ci. Karena ini merupakan tanaman obat, tentu manfaatnya untuk kesehatan sangatlah banyak. 


1. Menyembuhkan Jerawat

    Masalah yang sering menghampiri para remaja adalah timbulnya jerawat. Dengan memanfaatkan daun binahong, jerawat dapat diatasi. Caranya adalah dengan mengambil enam lembar daun binahong, tumbuk daun binahong dan oleskan tumbukan daun binahong tersebut di bagian wajah yang berjerawat. Lakukan hal ini sebelum tidur secara teratur sampai jerawat hilang. 

2. Menghaluskan Kulit Wajah

    Selain bermanfaat untuk menghilangkan jerawat, khasiat daun binahong ternyata juga dapat membantu menghaluskan kulit wajah. Hal ini disebabkan karena daun binahong mengandung asam askorbat. Cara penggunaannya hampir sama dengan cara untuk menghilangkan jerawat yaitu daun binahong ditumbuk dan dioleskan di wajah sebagai masker. Untuk hasil yang lebih maksimal, minum air rebusan daun binahong.

3. Menyembuhkan Wasir

   Wasir atau ambeien merupakan salah satu masalah kesehatan yang tidak boleh dibiarkan begitu saja karena siapa saja yang pernah mengalami masalah ini pasti akan merasa sangat tersiksa, apalagi saat buang air besar. Daun binahong dapat menjadi obat alternatif untuk menyembuhkan ambeien. Caranya, ambil daun binahong sebanyak 16 lembar dan siapkan 3 gelas air. Cuci bersih daun binahong dan rebus daun tersebut sampai mendidih. Rebus sampai air yang tersisa hanya dua gelas. Untuk menyembuhkan wasir, minum ramuan daun binahong ini satu kali sehari secara teratur. Kandungan saponin dalam daun binahong bekerja efektif untuk menyembuhkan luka atau pembengkakan di usus besar.

Masih banyak lagi penyakit yang disembuhkan dengan daun binahong, kita harus mengetahui obat-obat herbal yang tersedia di alam agar kita mengurangi konsumsi obat yang dibuat secara kimia. Obat herbal memiliki khasiat yang baik, ekonomis, serta sedkit efek samping.


Oleh : Yosua Sigit Wicaksono/Geologi

No comments:

Post a Comment