Saturday, October 3, 2015

How to Control Your Emotion

Pernah gak sih lo punya masalah atau apapun yang ngeganggu pikiran lo, bikin emosi mulu bawaannya? Dikit-dikit marah-marah, dikit-dikit mau nangis. Apalagi buat cewek-cewek pas lagi kedatengan 'tamu'. Rasanya pengen bakar orang aja. Wajar gak sih, kayak gitu?
Sebenernya yang kayak gitu udah wajar banget. Tapi, kalo dipikir-pikir, kasian sama orang-orang gak bersalah yang ikut kena imbas dari emosi kita. Jadi, untuk ngatasin itu, gue sebagai orang super sensi & sering banget ngalamin mood swing dan pengen bakar orang mau ngasih lo tips-tips buat ngontrol emosi di saat-saat kayak gitu.

1. Ketika lo udah mau meledak, entah amarahnya atau nangisnya, yang biasa gue lakuin adalah tutup mata, hitung pelan-pelan (dalam hati) dari 1-10. Inituh somehow calming banget. Works everytime!
2. Kalau udah selesai hitungnya, buka deh tuh matanya. Terus, tarik nafas dalam-dalam, tahan sampe mati, hembusin. Ini bisa bikin lo makin tenang lagi.
3. Selanjutnya, kalo yang tadi lo cegah itu nangis, pikirin dalem hati lo, you can do this. You can deal with the world without them noticing your problems. Kalau yang lo cegah tadi itu amarah, pikirin dalem hati lo, does this worth my energy? Sia-sia gak sih ngabisin energi lo buat marah-marah, ketimbang mikirin solusinya?
4. Terus, senyum. Put a smiling mask on your face. Kalau nanti disaat lo sendirian lo mau lanjutin nangisnya, lampiasin marah-marahnya, silahkan. Tapi nanti, pas lo sendiri. Karena kalo gue sih personally gak mau orang-orang ngeliat gue nangis (nangis karena hal yang serius bukan nangis ece-ece), soalnya gue kalo nangis jelek abis  gamau keliatan cengeng di mata orang-orang. Walaupun emang cengeng banget sih.
5. Kalo lo masih bete, jajan. Makan ice cream, coklat, kue, apaan aja yang bisa bikin lo seneng. Jangan takut gemuk. Makan ice cream & coklat terbukti bisa improve mood lo kok. Peduli amat timbangan naik, yang penting seneng.
6. Terakhir, cobalah jalan-jalan sendirian. Have some me time. Terserah lo mau ngapain, nonton kek, liat-liat baju kek, baca novel kek. Gue sih biasanya nonton. Kadang-kadang lo butuh waktu buat gak interaksi sama manusia dulu. Manjain diri lo sendiri. It feels great to be alone sometimes. Walaupun pas orang-orang tau gue hobby nonton sendirian langsung pada bilang gue jones... Sumpah gak jones kok, emang seru sendirian tuh :(

Itu aja tips yang bisa gue share, semoga bermanfaat buat kalian-kalian yang lagi ada masalah. Keep your heads up & smile!


Tanisa Karima (1506729512)
Geofisika

No comments:

Post a Comment