Saturday, October 3, 2015

TEKNIK DASAR BERMAIN BASKET NO BEKEL


  1.  Teknik Memegang Bola  

      sikap yang benar dalam memegang bola basket  yaitu bentuk tangan seperti mangkok besar. Posisi jari terentang menempel pada bola. Ibu jari terletak dekat dengan badan di bagian belakang bola yang menghadap ke arah tengah depan

2.    Teknik menangkap bola
      Teknik ini dalam basket terdiri dari dua macam cara yaitu menangkap bola di atas kepala dan menangkap bola di depan dada. Untuk dapat menagkap bola dengan baik dengan cara merentangkan jari-jari tangan agak lebar dan pergelangan tangan harus rileks untuk menjemput bola menggunakan telapak tangan.

  3. Mengoper (Passing).
Ada tiga jenis passing dalam permainan bola basket               
a.       Mengoper bola ke atas kepala (over head pass)
b.      mengoper bola setinggi dada (chest pass)
c.       melempar bola dengan memantulkannya ke lantai (bounce pass)






  4. Mengiring Bola (Dribble)


Menggiring bola  adalah usaha yang dilakukan pemain untuk membawa bola menuju ring lawan. Dribble dilakukan dengan cara memantulkan bola ke lantai. Ada dua cara dalam melakukan dribble yang pertama dengan cara melakukan dribble dengan cara membungkuk. Cara ini mempunyai keuntungan sendiri yaitu melindungi bola dari jangkau lawan. Keuntungan lebihnya yaitu jika memiliki tubuh yang rendah akan lebih mudah melewati lawannya. Biasanya dribble seperti ini harus memiliki konsentrasi yang  tinggi agar bola tidak lepas dari tangan. Cara lainnya yaitu dengan posisi tinggi biasanya digunakan saat melakukan serangan cepat.

5. Pivot


Pivot adalah suatu usaha yang dilakukan pemain untuk menyelamatkan bola dari jangkauan lawan dengan salah satu kaki sebagai porosnya, sedangkan kaki yang lain dapat berputar 360 derajat.

6. Shoot

Shooting adalah suatu usaha yang dilakukan pemain untuk memasukkan bola ke dalam keranjang atau ring basket lawan untuk meraih poin. Shooting sendiri dapat dilakukan dengan menggunakan dua tangan atau satu tangan. Jika melakukan shooting di  dalam setengah lingkaran lawan akan mendapatkan point 2. Apabila melakukan shotting di luar garisnya akan mendapatkan point 3 (three point).

 




7. Lay Up



Lay Up adalah langkah atau loncatan yang dilakukan pemain saat berada didekat ring lawan agar mendapat poin melalui tembakan yang melayang di udara. Jika lay up yang dilakukan di sebelah kiri ring lawan biasanya melakukan gerakan kanan,kiri,lompat artinya ketika tepat kaki kanan kita mengentikan dribble dan ketika kaki kiri melompat setinggi mungkin sambil memasukan bola ke dalam ring. Jikka dilakukan dari ring sebelah kanan melakukan gerakan kiri,kanan, lompat, metodenya sama dengan sebelumnya hanya ini menggunakan kaki  yang berbeda.




 Tq semoga artikel ini membantu :(

Nama :Eka Yulianto
NPM: 1506725823


No comments:

Post a Comment