Saturday, October 3, 2015

Be Equal

Semua orang diciptakan berbeda baik dari latar belakangnya maupun karakternya. Namun perbedaan ini seharusnya tidak menjadi penghambat dalam bermasyarakat atau bersosialisasi sehari-hari. Perbedaan ini seharusnya saling melengkapi satu sama lain sehingga tercipta suanasa yang nyaman bahkan mencapai kesejahteraan.

Sayangnya hal ini masih kurang disadari oleh sebagian dari kita. Mungkin masih ada sebagian yang memutuskan untuk berjalan sendirian. Tapi bukankan jika kita ingin berjalan jauh, kita harus berjalan bersama?


Perbedaan seharusnya bukan menjadi penghalang untuk mencapai suatu kebersamaan. Pada dasarnya semua bentuk kebersamaan harus didasari atas sikap saling menghargai, menghormati, dan memahami. Mungkin hal ini sudah sering kita dengar. Namun seberapa dalam kita mewujudkannya?

Selama ini kita selalu diajarkan untuk menghormati orang tua atau orang yang lebih tua dari kita. Kemudian kita belajar untuk menghargai teman yang seumuran dengan kita. Namun bagaimana dengan menghormati orang yang lebih muda atau (maaf) orang yang kita anggap lebih "rendah" dari kita?

Hal itu yang terkadang masih kurang kita sadari. Mudahnya, perlakukanlah orang lain seperti anda ingin diperlakukan. Terkadang kita merasa lebih tinggi daripada orang lain tetapi ada kalanya lebih rendah dan sebaliknya. Namun ada beberapa situasi dimana kita tidak bicara lebih tinggi atau lebih rendah, tetapi kita semua sama. Di situasi seperti inilah dibutuhkan rasa saling menghormati bahwa kita saling membutuhkan. Melihat kedepan itu penting untuk menentukan tujuan. Melihat ke samping juga penting untuk melihat dengan siapa anda berjalan. Namun jangan lupa menoleh ke belakang untuk melihat apa yang kita lewatkan.

Selamat malam,

Putri Allysha S
1506725426
Geofisika 2015

No comments:

Post a Comment