Saturday, October 3, 2015

Adanya Sex Education di Sekolah


Selamat Malam.. 
Kali ini gw akan ngebahas tentang...*suara drum*   sex education.

Sex education... ya pendidikan tentang sex. Mendegar itu pendapat orang berbeda-beda dan  beragam bahkan ketika orang mendengar kata “sex” pasti bermacam-macam jawabannya. Mulai dari yang mesum hingga yang intelektual dan pendidikan (edukasi).  
Menurut para pembaca nih.. penting gak sih adanya pendidikan sex di sekolah???  Perlu gak untuk ngasih tahu dan mengajari siswa tentang  sex education. Atau dibiarin aja hingga siswa tersebut mengetahui dengan sendirinya.
Coba kita lihat sekitar.. banyak nya permasalahan remaja seperti cabe-cabean, sex bebas, kehamilan, alat reproduksi, hingga pms semakin marak dan meningkat. Ditambah lagi dengan kemajuan teknologi, internet  ditambah dengan era globalisasi.  Semua yg jauh menjadi dekat. Kita dapat melihat semuanya dengat internet. Dapat melihat informasi dengan cepat dan flexibel dimanapun dan kapanpun. Termasuk juga situs-situs atau website terlarang.  Maka dari itu perlunya sex education dibahas dan diajarkan kepada remaja-remaja saat ini.
Kuy.. langsung aja dibahas. Pertama pro. Menurut gw pro nya itu remaja-remaja dapat mengetahui dampak dari sex itu sendiri. Penyakit-penyakit menular jika melakukan sex bebas. Dengan mengetahui hal itu diharapkan dapat mencegah para remaja melakukan hubungan sex bebas. Mencegah lebih baik dari pada mngobati sob. Dari pada mengupayakan untuk merehabilitasi lebih baik kita mencegah nya. Salah satunya dengan sex education ini. Dengan catatan harus dengan penyampaian yang baik. Dan harus sesuai dengan porsi (situasi dan kondisi) remaja/siswa tersebut.

Next.. kontra. Sebagian orang percaya adanya sex education membuat para remaja ingin mengetahui lebih dan lebih tentang sex dan akhirnya edukasi tersebut malah disalahgunakan. Selain itu juga banyak masyarakat yg menganggap tabu dan aib untuk membicarakan sex kepada anaknya. Mereka lebih memilih biarlah nanti juga akan tahu.

Tapi.. selepas itu semua, menurut gw sex education harus diajarkan di sekolah-sekolah. Karena pendidikan sex itu bukan mengajarkan kita untuk berbuat sex dan bukan hanya mengajarkan tentang dampaknya tetapi juga mengajarkan tentang ilmu lainnya seperti alat2 reproduksi (biologi) lalu ilmu agama(seperti tidak boleh sex bebas, harus menikah terlebih dulu, dsb). Lalu juga untuk mengembangkan logika dan nalar. Jadi the point is sex education penting untuk diajarkan, diberitahukan, disosialisasikan, kepada para pra-remaja dan remaja atau siswa (smp dan mungkin dari sd kelas 6) tetapi dengan catatan dengan penyampaian yang baik dan benar dan yang terpenting harus sesuai porsi para remaja atau siswa tersebut.


Semoga bermanfaat..
Dimohon kritik dan sarannya..


Rifqi Bambang Prasetio/Geologi/1506727665




No comments:

Post a Comment