Friday, September 18, 2015

Table Manners


 Image 
Table manners adalah etika ketika makan. Dibagi menjadi 2 kategori: formal dan informal. 

Informal, Makan yang hanya di lakukan bersama orang-orang terdekat, kerabat serta keluarga. Ada beberapa aturan sederhana yang perlu di perhatikan seperti: 
  1. Etika Sopan Santun di Meja Makan 
  1. Tidak berbicara ketika sedang makan 
  1. Ambil makanan seperlunya, dan tidak menyisakan makanan di piring 
Formal, Tata cara atau adab makan ketika jamuan makan resmi. Dan terdapat perbedaan yang signifikan antara makan informal dan formal. Karena formal table manners lebih banyak dan rumit yang perlu di perhatikan, seperti: 
  1. Jamuan formal terdiri dari beberapa menu 
  1. Hidangan Pembuka (Appetizer). 
  1. Sebelum hidangan pembuka disajikan biasanya diatas meja disediakan roti sebagai panganan, Anda bisa makan roti ini dengan tangan. Hidangan pembuka biasanya juga terdiri dari dua macam, Hot Appetizer dan Cold Appetizer. 
  1. Hot Appetizer biasanya Sup. Aduklah sup itu perlahan, jangan dipangku ditangan Anda, biarkan tetap diatas meja. Jangan sekali-kali meniup sup. Gunakan sendok sup yang sudah disediakan, biasanya lebih kecil. 
  1. Cold Appetizer bisa berupa salad, ambil garpu di tangan kiri dan pisau di tangan kanan, sekali lagi pilihlah alat makan yang disediakan, biasanya lebih kecil dari alat makan hidangan utama. Janagn ragu-ragu mengelap mulut Anda bila ada sisa makanan disana. Jangan mengelap dengan satu tangan. 
  1. Main course Bila menggunakan ala Amerika biasanya daging dipotong lebih dahulu baru disantap menggunakan sendok dengan tangan kanan. Cara Eropa lain lagi, biasanya langsung dipotong dengan pisau di tangan kanan lalau memakan dengan garpu di tangan kiri. 
  1. Desert Hidangan penutup umumnya berupa makanan atau minuman dingin, seperti cocktail, ice cream atau jus. 
  1. Memulai makan 
  1. Para tamu akan lebih sopan ketika menunggu sang tuan rumah mengizinkan jamuan makan di mulai. Dan makan ada baiknya secara perlahan dan memasukan makanan tidak berlebihan 
  1. Menggunakan napkin 
  1. Selama jamuan makan, tidak berbicara dengan makanan di mulut, karena melanggar etika makan 
  1. Hal-hal lain yang bisa diperhatikan saat diundang Jamuan Makan  
  1.  Datang tepat waktu. 
  1.  Sampaikan keluhan atau permintaan kepada pelayan dengan sopan. 
  1.  Menjaga etiket sama dengan menjaga privasi 
  1. Berterus terang diawal kepada penjamu, misal anda alergi seafood tolak dengan halus saat tuan rumah menawari seafood.Demikian juga atas larangan agama anda, anda tidak diperbolehkan menyantap makanan dari hewan tertentu. 
  1. Jika anda diajak bersulang oleh tuan rumah, lakukan dengan antusias.Jika anda,atas dasar agama atau kepercayaan tidak minum dengan alkohol,lakukan dengan gelas yang berisi minuman bersoda. Jangan bersulang dengan air bening/air mineral kepada tamu berkewarganegaraan Jepang.Bersulang dengan air bening, pada perang dunia ke-2 merupakan ritual yang dilakukan oleh pilot kamikaze atau pilot bunuh diri. 
Daftar pustaka: 
  • http://www.caramakan.com/2014/08/Tata-Cara-Makan-Table-Manner.html 
  • http://whatscookingamerica.net/Menu/DiningEtiquetteGuide.htm 
  • http://www.kaskus.co.id/thread/511e40900b75b4324e000001/tentang-table-manner--table-food-services--etiket-jamuan-makan/1 
Ahmad Maulana Nur-Geophysics-1506729670 

No comments:

Post a Comment