Friday, September 18, 2015

Wajah Baru Jakarta?

Macet, banjir, polusi.
Tiga kata yang biasanya dilontarkan dengan spontan bila diberi pertanyaan: Bagaimanakah kota Jakarta menurut anda?
Hmm... memang tidak salah. Tiga hal tersebut memang eksis di ibukota tercinta ini. Permasalahan yang dari dulu belum bisa diperbaiki atau malah bertambah parah. Bahkan, sempat ada rencana bahwa ibukota akan dipindahkan, bukan lagi di Jakarta, karena kondisi Jakarta yang sudah tidak memungkinkan.
Tetapi, apakah kondisi ini akan terus berlanjut? Menurut saya, memindahkan ibukota suatu negara bukanlah suatu hal yang mudah. pasti membutuhkan tenaga, waktu, dan biaya yang sangat banyak. Oleh karena itu, jalan lain yang dapat kita coba adalah mengubah Jakarta ini menjadi lebih baik.
Klise. Menjadi lebih baik.
Apakah definisi dari baik itu? Bagi para pedagang, cukup dengan dagangannya laku. Bagi para ibu rumah tangga, cukup dengan turunnya harga bahan makanan. Bagi para pelajar, cukup dengan guru tidak datang atau ulangan ditunda. Ya, definisi baik bagi tiap orang memang berbeda menurut kebutuhan mereka masing-masing.
Bagi Gubernur DKI Jakarta, Bapak Basuki Tjahaja Purnama, atau yang akrab dengan panggilan Ahok, baik yang dapat dinikmati semua orang adalah penataan kota yang mumpuni di Jakarta ini. Bukan hal yang kecil, bukan hal yang mudah. Buktinya, sudah puluhan tahun Jakarta masih dihantui oleh permasalahan tentang penataan kota. Selalu ada rusuh di sana sini jika ada penggusuran, berkali-kali banjir terjadi karena rumah-ruah yang didirikan dengan liar di bantaran sungai, dan masih banyak lagi permasalahan lainnya.
Maka dari itu, Ahok mempunyai mimpi untuk membuat Jakarta menjadi seperti Kota Manhattan, New York, Amerika Serikat. Wow. Untuk memulainya, Ahok sudah merencanakan berbagai proyek seperti Proyek Mass Rapid Transportation, kereta ringan, sampai jembatan layang Semanggi. Ahok begitu bersemangat dengan rencananya untuk Kota Jakarta ini. Tak lupa untuk bidang transportasi, ia ingin mencontoh Kota Chicago, Amerika Serikat, dengan transportasi relnya. Selain itu, beliau juga akan menginstruksikan kepada pemilik gedung-gedung bertingkat untuk memasang iklan berupa LED supaya kota terlihat lebih modern dan menarik.
Sungguh, mimpi yang besar, sekaligus terlihat mustahil. Namun, yang dapat kita lakukan sebagai warga yang baik adalah berpartisipasi aktif dengan memberikan kritik yang saran dalam membangun kota Jakarta ini. Semoga apa yang diimpikan oleh Bapak Ahok dapat terealisasi. Selamat berjuang, Pak.
Setidaknya, walau harga cabe mahal, ibu-ibu dapat berjalan-jalan menghilangkan penat sejenak dengan menikmati Jakarta baru yang indah dan modern.:)

Sumber: http://metro.tempo.co/read/news/2015/09/10/083699364/mimpi-ahok-jakarta-akan-seperti-manhattan-dan-chicago
Gambar: http://cdn.tmpo.co/data/2012/10/30/id_147886/147886_620.jpg

Maria Johana W. M.
Geologi
1506734922

No comments:

Post a Comment