Saturday, September 12, 2015

Space Elevator



Space Elevator 

Hari demi hari, bulan demi bulan, dan tahun demi tahun . teknologi pun semakin berkembang semakin cepat. rasa ingin tahu manusia yang tidak ada batasnya, membuat mereka untuk mengetahui apa saja yang ada diluar bumi ini. mereka ingin mengetahui segala hal yang mungkin bagi orang pemikiran mereka diluar logika kita. tapi dengan pemikiran seperti itu membuat mereka untuk membuat inovasi dan teknologi yang nantinya dapat bermanfaat bagi manusia banyak. salah satu inovasi yang sedang dikembangkan yaitu space elevator ( lift ruang angkasa ). wow !! dari namanya saja sudah membuat orang terkagum kagum. bagaimana tidak ? yang biasanya kita melihat lift hanya ada di gedung bertingkat. nantinya kita akan bisa melihat lift yang menuju ke ruang angkasa. 
space elevator ini berguna untuk mengurangi biaya peluncuran roket ke ruang angkasa yang memakan angka yang fantastis. sekali perjalanan ke ruang angkasa menggunakan roket dapat mengabiskan uang Rp. 220.000.000 per kg. wow per kg !! jadi kebayangkan kalo mereka bawa barang bawaan nya banyak berapa biaya yang dihabiskan untuk sekali ekspedisi. jadi solusi dari masalah tersebut yaitu dengan membangun space elevator. 

Space elevator merupakan sebuah sistem transportasi ruang baru yang sedang dikembangkan bisa membuat perjalanan ke orbit bumi secara harian dan dapat mengubah ekonomi global untuk kedepannya.



sebuah ruang lift yang terbuat dari pita karbon nanotube yang dapat melaju sekitar 62.000 mil ke luar angkasa. dan harga yang ditawarkan untuk sekali ke orbit bumi juga lebih murah dibandingkan dengan roket yaitu sekitar 2.2 juta sampai 8.8 juta per kg.
selain harga yang relatif murah, waktunya pun juga sangat singkat . tidak seperti roket yang butuh persiapan hingga berbulan bulan untuk pelatihan. so, teknologi masa depan sudah mulai terlihat. jadi persiapkan diri kita agar kita dapat membuat inovasi lebih dari mereka .  


Demikian, terima kasih 

Nuraiman Febiansyah - 1506729071 - Geologi



No comments:

Post a Comment