Friday, September 18, 2015

Presentasi yang baik



Presentasi adalah suatu cara untuk men-transfer suatu hal atau materi kepada orang lain secara visual dengan penampilan yang lebih menarik dan mudah dipahami. Tidak segala sesuatu harus di presentasikan karena presentasi itu mahal, membutuhkan komputer/laptop, proyektor dan sebagainya.
Presentasi membuat suatu karya menjadi lebih hidup. Presentasi ditinjau dari berbagai aspek seperti struktur dan isi, alat bantu visual, dan cara penyampaian nya. 





Agar tercipta suatu presentasi yang baik, banyak hal yang perlu diperhatikan. Berikut adalah tips-tips presentasi yang baik :


1.  Seleksi fasilitas yang disediakan oleh PowerPoint.
Dalam poin ini, kita dalam membuat power point haruslah hati-hati dalam menggunakan fasilitas tersebut. Buatlah presentasi yang sederhana tetapi menarik. Jangan menggunakan animasi, sticker, atau suara yang berlebihan karena dapat menurunkan nilai-nilai yang terkandung dalam presentasi tersebut.

2. Latar 

Dalam memilih latar, pilih lah latar yang lembut dan nyaman dipandang. Jangan menggunakan warna-warna yang menyolok atau gambar-gambar yang terlalu ramai karena akan mengganggu pandangan orang yang memperhatikan presentasi tersebut. Pakailah latar secara konsisten, sesuai dengan isi materi nya.

3. Pakai teks yang jelas

Seringkali teks dalam power point kurang diperhatikan. Dalam power point, pakailah jenis teks yang jelas untuk dibaca, dan ukuran teks yang cukup. Pakailah ukuran judul yang lebih besar dari isi nya. Sesuaikan sedemikian rupa agar dapat terbaca.

4. Pakai foto yang tepat

Dalam presentasi gunakan lah foto yang tepat dan sesuai dengan materi presentasi. Boleh menggunakan kartun, namun perlu diketahui terlebih dahulu dari pihak mana saja yang menonton presentasi anda.

5. Penyajian

Penyampaian materi presentasi perlu dipersiapkan secara mendalam. Kuasai setiap materi yang ada di power point tersebut sehingga dalam penyampaian nya, pemberi materi tidak terpaku dengan slide. Akan lebih baik jika penyampai menyampaikan materi dengan menghadap kepada hadirin nya, karena jika terpaku kepada slide akan membuat hadirin mengantuk.



Itulah poin-poin penting dalam presentasi. Persiapkanlah diri anda, kuasai materi yang ada, latihan, dan presentasi pun akan berjalan dengan lancar.


 Ditulis oleh
Jessica Adeline. J
Geologi
1506728756

Referensi:
MPKT B Sains

No comments:

Post a Comment