Friday, September 18, 2015

Perubahan Desain Logo-Logo Brand Terkenal

Tanggal 5 September 2015 lalu menjadi salah satu hari yang paling bersejarah bagi website search engine terbesar di dunia maya, Google. Karena pada hari itu Google mengganti logo lama milik mereka dengan logo baru yang kita sering lihat akhir-akhir ini, nah di tulisan saya yang ini saya akan memberikan kalian beberapa perubahan logo yang terjadi pada brand-brand terkenal yang sering kita lihat sehari-hari. Saya juga akan me-review mana logo yang menurut saya paling bagus dari masing-masing brand. Let's just start this with.....


1. Google

source: logos.wikia.com

Google telah mengganti logo mereka sebanyak 6 kali, pada tahun 98 mereka menggunakan pemilihan warna yang berbeda yaitu hijau merah kuning biru hijau merah, selanjutnya dari tahun 98-2015 penggunaan warna berubah menjadi biru merah kuning biru hijau merah. Dan pada tahun 1999 mereka menghapus tanda seru pada logo mereka.

Tahun 2015 merupakan perubahan terbesar yang terjadi pada Google, seperti yang kita lihat mereka menggunakan font yang berbeda dari sebelumnya dan juga logo yang sekarang terlihat lebih simple walaupun menurut saya logo tahun 2010an merupakan logo yang paling elegan dan mahal, dibanding logo yang baru ini terlihat terlalu kekanakan.

2. Yahoo
source: logos.wikia.com

Salah satu pesaing google yang juga merupakan situs mesin pencari, Yahoo telah mengganti logo mereka sebanyak 6 kali juga. Dapat kita lihat pada tahun 1995 Yahoo memiliki desain logo yang cukup berbeda dibanding sekarang. Pada tahun 1996 mereka menghapus gambar orang dan mengganti warna logo mereka menjadi merah, dan menggunakan font yang menurut saya tidak terlalu bagus. Tahun 1997 mereka menyimplekan logo mereka menjadi hanya satu huruf dengan tanda seru. Logo ini bertahan hingga tahun 2009, uniknya font pada tahun 2009 terlihat sama persis seperti font yang terdapat pada logo pertama mereka.

Tahun 2013 mereka me-redesign kembali dengan mengganti font dan warna yang cukup berbeda. Menurut saya, desain tahun 2009 adalah yang terbaik karena desain tersebut menggunakan font dan warna yang sangat pas dan menarik untuk dilihat.

3. Apple
source: logos.wikia.com
Apple, perusahaan yang memproduksi iPhone ini juga telah mengganti desain logo mereka sebanyak 6 kali sama seperti Google dan Yahoo. Logo pertama mereka merupakan salah satu logo yang unik, yaitu gambar dari Isaac Newton yang sedang bersandar di pohon apel. Tapi logo ini tidak bertahan lama, setahun kemudian Apple merombak total logo mereka menjadi logo yang kita kenal sekarang, a bitten apple. Logo yang sangat historis dan melekat di otak kita. Tahun 1977 Apple menggunakan warna pelangi di logo mereka dan ini bertahan cukup lama hingga tahun 1998.

Selanjutnya hanya terjadi perubahan warna saja pada logo Apple. Dari warna biru menjadi hitam yang digunakan tahun 1998-2000. Kemudian terjadi 2 perubahan lagi. Tetapi pada tahun 2013 Apple kembali menggunakan logo hitam yang mereka gunakan pada tahun 1998. Sayangnya saya tidak mempunyai gambar yang tepat. Tetapi menurut saya, logo terbaik dari Apple adalah logo yang sekarang mereka gunakan, karena terlihat simple tetapi juga berkelas seperti produk-produk Apple yang mahal dan elegan sangat pantas mereka menggunakan logo yang elegan juga.

4. Microsoft
source: logos.wikia.com

Microsoft telah mengganti logo mereka sebanyak 5 kali dan dapat kita lihat desain yang mereka pakai tidak banyak berubah, kebanyakan perubahan hanya terjadi di font yang mereka gunakan logo pertama mereka memisahkan antara micro dan soft lalu pada tahun tahun selanjutnya mereka hanya mengganti font yang dipakai.

Yang berbeda adalah pada tahun 2012 mereka menggunakan desain yang cukup berbeda mereka menambahkan 4 kotak yang berwarna-warni yang menurut saya sangat menarik, font yang digunakan juga simple dan tidak aneh seperti yang mereka gunakan di tahun-tahun sebelumnya. Menurut saya desain yang mereka gunakan saat ini merupakan yang terbaik karena font yang digunakan serta tambahan 4 kotak di desain mereka membuat desain mereka menjadi lebih elegan dan mewah.


Itulah beberapa perubahan logo yang dapat saya tampilkan dan juga review. Itu saja, sampai jumpa di tulisan saya selanjutnya!!! :)



"Colors, like features, follow the changes of the emotions." - Pablo Picasso

Written by Fayyed Abdullah - 1506727500 - Geofisika

No comments:

Post a Comment