Friday, September 18, 2015

Pentingnya Prinsip Keterbukaan

Indonesia merupakan negara dengan penduduk keempat terbanyak di dunia. Banyaknya agama, ras, kebudayaan, dan adat menghiasi banyak intensitas penduduk tersebut. Dengan banyaknya keberagaman tersebut maka diciptakanlah suatu pemersatu bangsa yaitu Pancasila dan badan yang mengurus negara ini yaitu Pemerintahan Republik Indonesia. Oleh karena banyaknya keragaman dan intensitas penduduk pada negera ini maka keterbukaan dan jaminan kadilan turut berperan terhadap kesejahteraan rakyat. Pemerintahan Republik Indonesia sudah menyadari hal tersebut secara teori tetapi secara praktik belum berjalan secara lancar dan harapan.
Keterbukaan adalah keadaan yang memungkinan dimana ketersediaan informasi dapat diberikan kepada masyarakat luas. Keterbukaan merupakan salah satu aspek apakah demokrasi berjalan dengan baik di pemerintahan negara tersebut. Keadilan berasal dari kata adil yang dimana menurut Kamus Besar  Bahasa Indonesia berarti tidak berat sebelah.  Maka dari itu dapat disimpulkan bahwa, keadilan merupakan keseimbangan antara hak dan kewajiban dimana tidak terjadi berat sebelah.
            Keterbukaan dan jaminan keadilan merupakan dua aspek yang tidak dapat dipisahkan seperti dua sisi pada koin. Selain itu keterbukaan dan keadilan mempengaruhi satu sama lain karena dari keterbukaan terciptalah keadilan dimana keadilan tersebut berfungsi sebagai hal yang mengatur keterbukaan tersebut. Keterbukaan dan jaminan keadilan merupakan salah satu prinsip yang seharusnya dipegang pada suatu pemerintahan. Dengan adanya prinsip tersebut pemerintahan dapat mencapai tujuan pemerintahan dibuat yaitu menciptakan kesejahteraan rakyat yang absolut.
            Banyak sekali keuntungan dalam melaksanakan keterbukaan atau transparansi dan jaminan keadilan dalam suatu negara, seperti membuat terjadinya pemerataan kesejahteraan rakyat, memberikan kebebasan berpendapat terhadap rakyat, dan juga memberikan keadilan dalam hukum negara. Tetapi dengan terlaksananya keterbukaan dan jaminan keadilan tentu harus diberi pengawasan karena hal yang terlalu terbuka harus dijaga agar tidak disalahgunakan dan digunakan untuk melawan negara demi kepentingan individual.

Faris Primayudha(Faris)-Geologi-1506730395
           

            

No comments:

Post a Comment