Thursday, September 17, 2015

Pendidikan Orang Tua untuk Anak

     Pendidika merupakan suatu hal yang penting bagi kehidupan manusia.Saat ini para orangtua lebih menyadari pendidikan untuk para anak-anak nya. Mereka membimbing, memberi arahan, dan membimbelkan anaknya untuk mendapatkan ilmu tambahan dari yang sudah diberikan oleh sekolah. Oleh karena itu, orang tua memegang peran yang sangat penting untuk sang anak. Orang tua memiliki kewajiban untuk bisa mengeluarkan kecerdasan anak dan rasa percaya diri (potensi anak)
   
      Ada banyak cara untuk memberikan pendidikan kepada anak baik formal ataupun non-formal. Pendidikan formal adalah pendidikan layaknya seperti di sekolah dengan pengetahuan-pengetahuan eksak serta sosial. Pendidikan non-formal seperti memberikan nilai-nilai luhur, akhlak yang mulia, norma-norma, cita-cita, tingkah laku dan aspirasi sengan bimbingan orang tua.


   Begitu pentingnya peran orang tua terhadap pendidikan seorang anak, keterlibatan seorang anak dngan peran utama orang tua untuk pendidikannya terbukti memberikan dampak yang positif bagi anak-anaknya dan perkembangannya baik fisik ataupun pemikirannya.

      Ketika seorang anak bersekolah pada umumnya sekolah dasar justru lebih mengalami peningkatan prestasi akademik karena peran orang tua nya yang terlibat dalam pendidikan dasar mereka.

       Menurut profesor sosiologi Sophia Catsambis dan Queen College dalam sebuah laporan tahun 1998, membahas bukti bahwa keterlibatan orang tua dalam pendidikan pada tingkat sekolah tinggi memberikan efek positif pada perilaku siswa dan sikap terhadap sekolah serta prestasi akademik. dia juga menunjukan bahwa kurangnya keterlibatan orang tua dala pendidikan anak memberikan efek yang sangat signifikan, dari bukti yang dikumpulkan sejauh ini cukup menjanjikan keterlibatan orang tua di sekolah tinggi termasuk waktu penataan di rumah untuk pekerjaan rumah dan membutuhkan pekerjaan rumah yang harus diselesaikan, keterlibatan siswa dalam kegiatan sekolah memberikan dampak yang jauh lebih positif.

by Farhan Geofisika 2015


No comments:

Post a Comment