Wednesday, September 16, 2015

Belajar Coding itu Penting

Cattleya Randi
1506728844
Geofisika UI


“Every body in this country should learn how to program a computer.. Because it teaches you how to think.”  -Steve Jobs-

Seperti yang kita tahu komputer ada dimana – mana, apakah anda ingin bekerja di bidang pertanian? Apakah anda ingin bekerja di bidang hiburan? Apakah anda ingin bekerja dibidang manufaktur? Anda ingin membangun rumah? Semua membutuhkan perangkat lunak dan peran komputer ada dimana saja. Kita semua bergantung pada teknologi untuk komunikasi, transaksi di bank. Namun, tak satu pun dari kita tahu bagaimana membaca dan menulis code pemrograman.  Seperti yang kita tahu sekolah tidak memberikan pengajaran bagaimana caranya untuk mempelajari pemrograman komputer. Tetapi saya rasa semua orang berhak dan harus belajar bagaimana cara memprogram komputer. Karena pemrograman komputer melatih cara kita berfikir, melatih logika kita mengenai bagaimana proses membagi suatu masalah menjadi beberapa bagian kecil untuk kemudian diselesaikan dengan memprogram komputer untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Menulis code adalah sesuatu yang dapat dipelajari, tidak perlu menjadi seorang yang jenius untuk untuk mengetahui bagaimana cara menulis code yang anda perlukan hanyalah tekad yang kuat. Menulis code program dapat berawal dari hal yang sangat sederhana yang sangat menyenangkan misalnya program yang menanyakan hal – hal seperti, apa warna favorit mu? Atau berapa umur mu? Atau membuat lingkaran dengan kotak berwarna merah didalamnya. Membuat komputer menampilkan kata “Hello world”juga sudah sangat menakjubkan. Ajarkan dulu komputer menjalankan sesuatu yang kita inginkan dengan menggunakan code dan ajarkan kembali bagaimana komputer menampilkannya kelayar.

Pemrograman komputer adalah keterampilan yang sangat bermanfaat untuk dikuasai. Perangkat lunak adalah tentang kemanusian, mengajarkan bagai mana membantu orang dengan menggunakan teknologi komputer. Program komputer dapat dikatakan sebagai kekuatan sihir yang dapat mengubah dunia.  Programming memungkinkan mewujudkan ide kreatif kita yang tak terbatas di dunia informasi digital seperti sekarang. Belajar pemrograman itu seru dan keren, sayangnya sekolah tidak memberikan akses pengajaran untuk ini oleh karena itu apabila anda ingin belajar program anda dapat mempelajarinya lewat buku ataupun internet karena informasi begitu banyak di zaman sekarang ini karena ada kemajuan teknologi seperti internet.




No comments:

Post a Comment