Tentang
Offroad
Secara
harfiah pengertian Off-road
adalah mengendarai kendaraan di luar jalan raya, apakah itu jalan tanah,
lumpur, pasir, sungai, atau batuan yang masih dalam kondisi apa adanya. Atau
dengan kata lain perjalanan dengan kendaraan bermotor di luar jalanan beraspal.
Offroad
dapat dimasukkan ke dalam salah satu jenis olah raga ekstrim. Di Indonesia
sendiri, offroad dapat dikatakan sebagai salah satu jenis olah ragu yang mulai
diminati oleh kalangan pecinta otomotif dan alam. Offroad memang adalah salah
satu olah raga otomotif yang sangat menantang, sekaligus merupakan olah raga
yang membawa kita untuk mengenal alam.
Ada beberapa istilah/ jenis dalam
Offroad :
1. Fun Offroad
, Jenis kegiatan ini lebih mengutamakan wisata alam, dengan medan yang biasa,
dan biasanya diikuti oleh keluarga atau karyawan perusahaan, waktu yang
dibutuhkan juga ga terlalu lama.
2. Ekstrem
Offroad, Jenis ini lebih bersifat kompetisi
dengan medan yang berat penuh tantangan, juga membutuhkan tingkat keamanan yang
tinggi untuk peserta. Waktu yang dibutuhkan bisa sehari bahkan 2 hari, karena
medan yang berat tersebut.
3. Speed Offroad, Jenis ini bersifat kompetisi kecepatan, sesuai dengan waktu yang ditentukan.
6. Formula-Offroad.
Bersifat balapan seperti F1, dengan sirkuit berpasir. Mobil dimodifikasi
khusus, dari suspensi hingga mesin yang berjenis V8 berkecepatan tinggi.
Tapi yang satu ini banyak dilakukan
di luar negeri.
Selain
itu juga di luar negeri terdapat beberapa kategori Off Road Seperti :
2. Greenlaning/ Two Tracking. yaitu
mengendarai dijalan setapak dua
lajur yang terdapat dihutan
hutan.
4. Rock
Crawling, yaitu mengendarai dengan melewati medan yang berbatu besar dan terjal.
5. Rock
Racing, yaitu mengendarai dengan kecepatan
yang ditentukan oleh waktu, dengan menyusuri medan berbatu
Kegiatan Offroad
Semakin banyaknya penggemar offroad indonesia, memicu dibentuknya sebuah komunitas yang menampung para pelaku offroad indonesia yang bernama federasi offroad indonesia. Federasi offroad indonesia ini menaungi sejumlah kegiatan dan aktivitas offroad bagi penggemar offroad yang berada dan berdomisili di Indonesia. Salah satu bentuk kegiatan tersebut adalah lomba – lomba atau komptisi yang melibatkan para penggemar offroad yang dilakukan di medan – meda
Bahaya
dan tantangan ini menjadi suatu sensasi sendiri bagi para penggemar offroad indonesia.
Dengan kata lain, mereka merasa puas dan bahagia setelah menaklukkan bahaya
atau medan yang esktrim dengan menggunakan kendaraan offroad mereka.
Akan
tetapi, karena olah raga ini memang berbahaya, anda tentu tidak bisa
mengikutinya begitu saja tanpa memiliki dasar pengetahuan yang cukup atau
peralatan yang memadai. Ikut terlibat dalam olah raga ini tanpa tau apa yang
akan anda hadapi dan bagaimana menangani situasi yang mungkin akan terjadi,
dapat membuat anda membahayakan diri anda sendiri.
Anda
perlu melengkapi diri anda denga peralatan tertentu yang dapat membantu anda selama
melakukan aktifitas offroad dan menjaga keselamatan anda.
Walau berbahaya, olah
raga ekstrim satu ini cukup menyenangkan, karena sensasinya dapat memacu
adrenalin anda. Jika anda tertarik, tidak ada salahnya anda mulai bertanya –
tanya pada pelaku offroad yang ada di
sekitar anda. Siapa tau, anda menemukan passion anda pada olah raga yang
menyenangkan ini. Jika anda sudah profesional, tentu anda juga bisa
mengikuti sejumlah kompetisi yang diadakan oleh federasi offroad indonesia yang merupakan ajang
yang cukup bergengsi.
Mogok di tengah hutan, terperosok ke
selokan dan jurang, hingga patah as, dan mobil terbalik hingga akhirnya harus
dilakukan evakuasi oleh tim sweeper, menjadi pemandangan yang sering tampak pada
pelaksanaan offroad. Tanjakan serta turunan yang curam, kubangan yang dipenuhi
lumpur, di dalam kawasan hutan menjadi tantangan tersendiri bagi para offroade.
Namun tentunya, olahraga ini harus mendapatkan dukungan dari seluruh lapisan masyarakat karena tidak jarang harus melintasi perkampungan. Tak terkecuali pemerintah membuat jalur sendiri yang kemudian ditetapkan dalam sebuah ketetapan, sehingga kegiatan olahraga offroad ini tidak begitu banyak mengganggu masyarakat yang dilintasinya.
Perlengkapan Offroad
Offroad merupakan
olahraga otomatif yang memacu adrenalin. Kegiatan ini juga terbilang ekstrem
dan harus dipersiapkan secara matang sebelum melakukan perjalanan.
Olahraga
ini selain memiliki kesulitan tertentu, karena harus berhadapan dengan rimba
raya dan lapangan terbuka, sehingga dibutuhkan perlengkapan yang cukup serta
keahlian yang memadai.
Ada
banyak macam perlatan yang harus Anda bawa bila hendak melakukan perjalanan
menggunakan mobil offroad. Terutama perlengkapan-perlengkapan dasar untuk
keselamatan dan kesuksesan perjalanan Anda.
Kali ini saya akan memberikan tips
dasar sebelum berangkat menggunakan mobil offroad. Persiapan apa saja yang
harus disiapkan. Perengkapan offroad untuk short trip dan long trip relatif
sama. Akan tetapi yang membedakannya adalah jumlah barang yang akan dibawa.
Apapun jenis offroad, perlengkapan
dasar yang wajib dibawa sebagai berikut :
ü Electric Winch
Winch
adalah sebuah piranti atau alat yang banyak digunakan untuk menarik beban
dengan posisi horizontal. Sampai saat ini masih banyak digunakan di industri -
industri tambang dan kompetisi offroad.
Apalagi
di Indonesia yang notabene mempunyai kontur tanah yang labil, sehingga mobil
sering kali terperosok dan ambles. Pada saat itulah winch ini menjadi piranti
yang sangat penting.
Berikut ini beberapa jenis dari electric
winch :
- · . Winch Warn
Electric
Winch yang banyak digunakan di Indonesia adalah Winch Warn, salah satu merk
yang saat ini menjadi ikon tersendiri dikalangan offroader
Indonesia. Seiring berjalannya waktu winch merk lainpun sudah bisa menjadi
pilihan kedua sebagai pengganti warn, karena memang harga winch warn yang
terlalu tinggi.
·
- Winch Kohler
Electric Winch lainnya yang sudah
populer di Indonesia sebagai salah satu sumber pilihan yang ikut meramaikan
pasar winch di Indonesia mereka Winch Kohler.
- Clevis Hook
Clevis Hook digunakan hanya
pada rantai, tidak bisa pada wire rope sling, tetapi hook atau ganco jenis ini
lebih flexible, karena dapat dipasang langsung dengan mata rantai tanpa perlu
dipasangkan dengan connecting link/ Hammerlock terlebih dahulu sehingga lebih
menghemat biaya pembelian connecting link / hammerlock tersebut.
- Central differential lock
Semua
kendaraan 4×4 pasti memiliki gardan yaitu peranti yang berfungsi menyalurkan
daya dari mesin pada keempat ban sehingga jip bisa bergerak maju atau mundur.
Pada gardan standar (open differential) tenaga dari mesin sebenarnya hanya
diteruskan ke roda yang putarannya paling minim hambatan.
Tips
dasar dalam melakukan aktivitas offroad :
Ø Tips Dasar Berkendara :
1. Pre riding preparation
·
Kelengkapan pelindung tubuh
·
Pengenalan olah raga offroad roda
dua
2. Car inspection and warming up
·
Menyiapkan mobil
·
Pemanasan tubuh sebelum berkendara
3. Teknik berkendara di berbagai
rintangan (teori, demo dan praktek)
·
Penguasaan kendaraan
·
Pengenalan jenis lintasan
·
Teknik melewati tanjakan, turunan serta jalan
bergelombang.
·
Teknik menikung
Ø
Tips Yang perlu diperhatikan dalam
melewati jenis tikungan:
·
Kecepatan membaca kontur lintasan
·
Arah pandangan mata
·
Kontrol tenaga mesin
·
Titik pengereman
·
Titik buka gas
·
Posisi tubuh
·
Mengarahkan mobil
Ø Tips Saat
Melakukan Aktivitas Offroad :
Banyak orang yang mengatakan bahwa
ketika akan offroad dengan kendaraan 4WD kita hanya cukup memindahkan persneling
ke 4-Lo dan berangkat, segala halangan akan dapat dilalui. Sebenarnya banyak
yang perlu dilakukan dan tidak boleh dilakukan dalam offroad. Sebaiknya kita
perhatikan berikut ini:
ü
Ketika melewati jalan tanah, tetap
di jalur anda; ini sangat penting karena banyak yang berpikir kalau offroad
berarti mengemudi kemana saja selama dapat dilewati. Berkendaralah di tengah
jalur untuk menghindari meluasnya jalan tanah. Jangan membuat jalur baru,
memutar, atau memotong jalur.
ü
Jika ada halangan, lewati dengan satu
roda per satu roda. Jika ada pohon tumbang coba untuk dipindahkan dulu atau
lewati dari sisi lain. Jangan mencoba melewati langsung, jangan sampai bagian
belakang mobil anda melayang (tidak menginjak tanah). Hal ini lebih sering
terjadi daripada bagian depan yang melayang.
ü
Ketika anda melalui sungai kecil,
usahakan roda tetap di pinggir sungai, walaupun sungai kecil tersebut lebih
lebar dari mobil anda. Jaga keseimbangan mobil. Jalan pelan, pertahankan
kendali, dan jaga tetap seimbang. Jangan mencoba memiringkan mobil. Jika
tiba-tiba jalannya berlubang, mobil dapat tergelincir. Jika anda merasa miring,
cepat luruskan, tambahkan tenaga dorong dengan lembut sampai roda kembali
seimbang, dan kembali ke arah yang anda inginkan.
ü
Menyeberangi sungai pada daerah yang
memungkinkan. Jika anda harus menyeberangi sungai, lakukan pada tempat yang
jelas dan periksa kedalaman sebelum anda lakukan. Seberangi sungai dengan sudut
90 derajat untuk mengurangi kerusakan akibat dasar sungai yang tak rata.
Usahakan agar udara tetap ada disekitar mesin dan roda bila air setinggi
bemper.
ü
Jalan pelan, jangan mengebut.
Gunakan persneling rendah untuk melalui halangan dan jangan sampai mobil anda
berguncang dan melompat. Penting untuk memperhatikan kecepatan, karena ban pada
permukaan gravel memiliki traksi terbatas untuk mengerem.
ü
Letakkan ibu jari tangan anda di
atas kemudi untuk mencegah patah atau terluka saat kemudi tiba-tiba berputar.
ü
Kurangi tekanan udara ban anda. Ini
akan memberi traksi yang lebih baik dan offroad yang lebih mulus, ingatlah
untuk memompanya lagi bila sudah di jalan aspal (on-road).
ü
Jangan mengemudi miring di bukit.
Lurus ke atas atau lurus ke bawah. Jangan menanjak secara miring. Anda dapat
tergelincir bahkan bisa terguling. Gunakan persneling rendah saat menanjak atau
menurun.
ü
Jangan menaiki batu besar; anda
dapat tersangkut di tengah mobil. Secara hati-hati lalui batu dengan satu roda,
sampai mobil lewat.
ü
Jangan memaksa mesin di lumpur,
pasir, atau tanah lembek. Jika anda tidak dapat menghindari lumpur, gunakan
persneling rendah dan tenaga yang cukup untuk mempertahankan momentum. Membuat
roda berputar cepat hanya akan membuat anda semakin tenggelam. Jika anda merasa
kehilangan traksi, putar kemudi dengan cepat dari kiri ke kanan dan sebaliknya.
Kadangkala ini membuat 'gigitan' roda lebih bagus.
ü
Jangan mengebut saat menyeberangi
sungai hingga membuat air bergelombang di samping mobil. Lingkungan air sangat
sensitif, jadi usahakan jangan sampai mereka "terbangun". Jangan
pernah mengemudi mengikuti atau melawan arus sungai.
ü
Jangan berbelok pada daerah tak
stabil atau jalur sempit dan menanjak. Anda dapat terguling. Jika anda menuruni
bukit dengan mundur, lakukan scara lurus tanpa membelokkan kemudi. Gunakan
persneling rendah agar mobil tidak bertambah cepat dan hemat rem anda. Jika
mengerem, lakukan dengan pelan untuk menghindari kepanasan dan rem blong.
Demikian artikel saya tentang offroad, semoga membantu bagi para pemula yang baru ingin memasuki dunia offroad. Sampai jumpa di petualangan selanjutnya!
Salam lestari!
RIFQI ADITYA
GEOLOGI UI 2015
Sumber:
No comments:
Post a Comment