Friday, September 18, 2015

Mengenal Dekat Kehidupan Anak Autisme







            Tahun 2014 saat masih duduk di bangku SMA, saya bersama 2 rekan lainnya berkesempatan untuk meneliti tentang “Pengaruh Permainan Tradisional Terhadap Perkembangan Komunikasi Anak Autism”. Dengan variable bebasnya adalah permainan tradisional dan variable terikatnya adalah komunikasi verbal. 

Pada minggu pertama kami melakukan pematangan ide. Kemudian kami langsung membuat rencana untuk terjun langsung ke lapangan. Disana kami melakukan beberapa permainan tradisional yaitu, ular tangga, petak jongkok dll. Sebagai pengamatan untuk penelitian ini. Lalu, kami mengajaknya berbicara satu persatu dan melihat reaksi mereka. Selain itu kami juga mewawancarai  Pembina sekolah tersebut untuk mengetahui bagaimana perilaku anak-anak.
Ini dia beberapa foto bahagia mereka saat sedang bermain



Meski penelitian ini belom maksimal dan masih banyak kekurangan, tetapi banyak sekali hal dan pengalaman yang berharga yang saya dan rekan saya dapatkan saat melakukan penelitian ini. dari tentang rasa syukur yang sangat mendalam karena kita telah di berikan kenikmatan yang tak terhitung oleh Allah SWT. Tentang bagaimana kerasnya hidup ini. Tentang beragamnya pengalaman-pengalaman liku yang mereka alami tetapi mereka masih tetap ceria. Tentang kerja keras yang mereka terus lakukan untuk tetap mendapatkan hidup yang layak. Dan lain sebagainya. 
Mereka hanyalah manusia biasa yang ingin diakui haknya, dan ingin merasakan kehidupan seperti orang normal lainnya. Maka yuk, semoga kita dapat bersikap ramah kepada mereka dan mengakui hak mereka layaknya hak manusia normal lainnya.
Dan terimakasih banyak kami ucapkan untuk SLB BCD Nusantara Depok yang telah mengijinkan kami untuk melakukan penelitian ini.


khairunnisa nazhifah yudyawati-1506731795-Geofisika
.

No comments:

Post a Comment