Saturday, September 19, 2015

Kuliah Laboratorium dan Kuliah Lapangan

Kuliah Laboratorium dan Kuliah Lapangan 
Kuliah memang merupakan impian bagi seorang siswa SMA yang akan melanjutkan pendidikan, tetapi mungkin sebelum menjadi mahasiswa mereka belum terpikirkan tentang mata kuliah yang dipelajari, dosennya seperti apa, cara belajar yang berbeda dan juga tentang perbedaan antar departemen atau yang biasa kita kenal dengan jurusan.
Saya paling merasakan perbedaan cara belajar dan juga perbedaan pengajaran antar departemen. Menurut dari penglihatan saya, cara belajar di SMA dan di perguruan tinggi sangatlah berbeda. Disini kami di tuntut untuk menjadi seseorang perubah kehidupan bangsa, sebagai saintis muda bangsa dan juga yang terpenting seseorang yang mandiri, berwibawa dan mengayomi masyarakat. Mungkin perbedaan cara belajar dapat dirasakan oleh banyak mahasiswa di fakultas atau departemen manapun. Akan tetapi, dalam pengajaran antar departemen yang saya rasakan ada perbedaan yang tidak akan dirasakan oleh departemen atau fakultas lain yang bisa saya dapatkan di departemen geosains. Apakah  yang saya rasakan? 
Pertama, geosains merupakan departemen yang perkenalan sistem akademik departemennya tidak terdapat kakak-kakak komisi disiplin, selain itu tugas juga tidak terlalu berat seperti departemen lain, selain itu saya merasakan dalam perkenalan sistem akademik ini banyak mendapatkan pengetahuan dan ilmu yang belum saya ketahui sebelumnya mengenai geosains. 
Kedua, geosains kuliahnya tidak hanya kuliah yang terpaku dalam satu tempat seperti laboratorium saja, kami akan merasakan kuliah yang banyak berhubungan dengan alam secara langsung, contohnya kami akan kuliah lapangan yang akan terjun langsung berhubungan dan berinteraksi dengan alam.
Dari kedua perbedaan yang saya rasakan di atas, saya sangat bangga dan senang masuk ke departemen geosains karena bisamerasakan perbedaan dengan departemen lain seperti halnya departemen kimia dan departemen biologi yang hanya bekerja di laboratorium tetapi saya bisa merasakan terjun dan berinteraksi langsung dengan alam.
Itulah perbedaan antara cara belajar di SMA dan perguruan tinggi dan juga perbedaan antar departemen yang saya rasakan sebagai mahasiswa baru.

Amellia Dwi Santika -1506728283 - Geologi

No comments:

Post a Comment