Friday, September 18, 2015

Energi Panas Bumi



Panas bumi adalah salah satu sumber daya energi di kehidupan kita. Banyak dari kita yang belum mengetahui salah satu sumber daya energi tenaga panas bumi, padahal energi panas bumi dapat memberikan kekuatan yang cukup besar untuk membantu kegiatan manusia sehari-harinya. Maka dari itu, apakah energi panas bumi itu?

Energi panas bumi adalah energi yang berasal dan terbentuk dari dalam kerak bumi, dimana suhu kerak bumi makin tinggi makin kebawah. Menurut Pasal 1 UU No.27 tahun 2003 tentang Panas Bumi Panas Bumi adalah sumber energi panas yang terkandung di dalam air panas, uap air, dan batuan bersama mineral ikutan dan gas lainnya yang secara genetik semuanya tidak dapat dipisahkan dalam suatu sistem Panas Bumi dan untuk pemanfaatannya diperlukan proses penambangan.

Energi panas bumi ini berasal dari kegiatan tektonik yang sudah berlangsung sejak bumi ini pertama kali diciptakan.  Energi ini juga didapatkan dari panas radiasi matahari yang diterima dan diserap oleh bumi. Terdapat juga banyak faktor yang membentuk energi panas bumi seperti peluruhan elemen radioaktif di dalam permukaan bumi, panas yang dilepaskan oleh logam-logam berat karena tenggelam ke dalam pusat bumi, dan efek elektromagnetik yang dipengaruhi oleh medan magnet bumi. 

Kira-kira 10 Giga Watt pembangkit listrik tenaga panas bumi sudah diaplikasikan di seluruh dunia pada tahun 2007 dan berkontribusi sebanyak 0.3% dari seluruh energi listrik dunia. Di Indonesia salah satu pembangkit listrik tenaga panas bumi ada di Garut, yang dikelola oleh PT. Chevron.


Iqbal Lail Mukarom
1506729632
Geologi UI 2015
Sumber: id.wikipedia.org

No comments:

Post a Comment