Saturday, September 12, 2015

Indahkan Masa Kecil Zaman Sekarang ?



         Saya sangat rindu sekali waktu dikecil saya , tanpa beban apapun yang saya pikirkan hanyalah bermain saja tanpa memikirkan belajar sedikit pun. Dan yang membuat enak pada zaman saya banyak sekali lahan lahan untuk bermain jadi tidak susah susah mencari tempat bermain.mungkin karena inilah saya menjadi gampang berkomunikasi dengan orang lain dan sudah puas dengan hal seperti bermain terus karena kelak nanti saya harus menjadi dewasa.


         Namun saat melihat keadaan anak - anak sekarang sudah sangat berbeda begitu juga dengan keadaan kota mungkin sudah jarang sekali kita lihat lahan bermain seperti saat dulu yang sering diliat hanyalah gedung gedung. Sedih sekali karena seharusnya di usia kecil kita sedang enak - enaknya bermain di luar bersama teman teman dengan bermacam macam permainan. Namun anak zaman sekarang lebih sering meluangkan waktu nya di rumah dengan bermain dengan gadget gadget nya. Dan ada juga yang lebih anak anak seusia sd itu bukannya bermain tapi malah nongkrong bersama dengan orang yang lebih tua dan parah nya lagi kebanyakan dari mereka sudah biasa melakukan hal hal yang seharusnya hanya dilakukan orang tua seperti merokok dan meminum minuman keras.

         Namun jujur saja bukan karena anak itu dia menjadi seperti itu. Namun karena banyak faktor faktor dari luar yang membuat mereka seperti itu. Seperti kurangnya lahan untuk bermain, semakin banyak bangunan ditepian kota membuat anak-anak terjajah lahan kosongnya untuk bermain. Banyak bangunan menjulang tinggi, tapi lahan hijau atau tempat umum untuk anak-anak bermain semakin menghilang. Mereka terpaksa bermain dijalanan dengan resiko tinggi. Dan bahkan bisa lebih parah lagi, anak – anak bisanya saja melakukan hal yang hanya boleh dilakukan oleh orang tua. Seperti apapun pembangunan dikota, ada baiknya pihak yang terkait tidak melupakan untuk memberikan lahan kosong yang bisa dimanfaatkan warga setempat untuk bermain bersama anak-anaknya.

         Namun hal ini bisa juga dikarenakan faktor dari orang tua. Banyak orang tua yang telah memberikan dan membebaskan anaknya dari gadget. Memang anak akan senang jika diberi gadget seperti itu. Namun banyak orang tidak tahu bahwa banyak sekali dampak bagi anak – anak. Seperti anak jadi kurang bersosialisasi dengan keluarga dan lingkungan sekitar, kesehatan mata anak terganggu lantaran berjam-jam berada di depan layar, anak menjadi kesulitan fokus saat belajar, fisik anak juga jauh lebih lemah dibanding anak-anak yang tumbuh, dan masih banyak lagi dampak buruknya. Sangat sedih sekali jika melihat anak – anak seperti itu yang hanya meluangkan waktunya dirumah karena masa anak – anak inilah masa dimana kita harus meluangkan waktu dengan bermain karena kelak dewasa nanti kita akan sangat susah mendapat waktu seperti ini. Namun hal ini tidak bisa diselesaikan dari faktor dalam diri sendiri namun juga perlu bantuan dari orang tua. Seperti dengan memberi batas waktu pemakaian, mengawasi anak saat memakai gadget, dan alihkan perhatian anak dari gadget seperti kita meluangkan waktu dengan bersepeda,bermain bersama anak. Dan juga orang tua sudah harus mulai berdiskusi dengan anak mengenai batasan – batasan dan aturan yang ditetapkan.

Demikian artikel dari saya, semoga bermanfaat dan bisa mendorong orang – orang untuk berkontribusi dalam membantu hal sepertiini. Karena tanpa kita bayangkan kelak nanti anak – anak ini akan menjadi penerus bangsa yang bisa membanggakan bangsa ini. 

Fadlan Ardinda - 1506737741 - Geofisika

5 comments:

  1. Artikel ini patut di apresiasi!!

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. Benar sekali, artikel ini menjelaskan masalah yang seharusnya kita cegah. Sukses terus menjadi penerus bangsa

    ReplyDelete