Friday, September 18, 2015

Dari Bandung, ke Lombok, untuk Rinjani

Salam Lestari! We are shiver adventure!

Beberapa bulan kemarin gua baru aja dapet pengalaman yang sangat berharga dari perjalanan gua ke Lombok bareng sahabat-sahabat gua.

Gua nulis blog ini buat menuhin tugas ospek jurusan gua sekaligus sharing tentang pengalaman pendakian gua ke Gunung Rinjani, oh iya kenalin nama gua Rifqi, asli bandung. Urang ngomongnya "gua" karena Alhamdulillah kuliah di UI jurusan Geologi, jadi lingkungannya pada ngomong gua jadi yaudah ngikutin hahaha.

Okay gua mulai cerita tentang perjalanan gua.
Bismillah.

Menurut gua kalau kota asal tempat tinggal lu jauh dari Lombok, lu harus prepare masalah transport. Pilih transport yang biayanya paling bikin untung. Dan lu harus beli tiket transport lu jauh-jauh hari sebelum tiket abis dan harganya tambah mahal. Gua sendiri telat beli tiket, tadinya mau naik kereta tapi tiket udah keburu abis dan sisa tiket yang harganya mahal. Maklum gua ngeagendain perjalanan gua ini seminggu setelah hari raya idul fitri. Jadi gua mutusin buat beli tiket pesawat ke Lombok, harga tiketnya sekitar Rp 870.000. Mahal bgt emang tapi kalau gua pake kereta juga cuman beda Rp 200.000 dan makan waktu yang banyak. Ati-ati berat tas lu jangan sampe lebih dari batas maksimal bagasi, 20 kg. dan Akhirnya gua naik pesawat dari Bandung ke Lombok.

Soal registrasi pendakian sendiri lu ga usah panik harus ngurus yang macem-macem karena registrasi bisa langsung di pos pendakian dan ga ribet ko. Cukup siapin aja peralatan & perbekalan selama di gunung dan kondisi fisik lu.

Kurang lebih dua jam gua di pesawat dan akhirnya sampe di bandara lombok, dari bandara lu bakal ketemu sama orang-orang yang nawarin jasa nganterin lu ke pos pendakian pake mobil minibus kaya APV atau carry. Dan jangan kaget bro harganya mahal, bisa Rp 100.000- Rp 200.000 tiap orang, dan satu mobil cuman bisa diisi sama 9 orang kalau dipaksain muat. Dan kudu sabar aja supir-supir di bandara suka rada maksa dan kadang ngeboongin lu (pengalaman nyata). Untungnya temen gua punya kenalan supir angkutan sayur di sana, jadi gua lanjut perjalan gua ke pos pendakian itu pake mobil bak terbuka. Ongkosnya cuman Rp 65.000 dan lu dapetin sensasi yang gokil men. Tapi saran dari gua, kalau lu mau naik mobil bak terbuka minta jemputnya di luar bandara. Kalau di dalem bandara, nanti supir-supir yang di dalem bandara bakalan marah besar.

Perjalanan dari bandara ke pos pendakian sembalun cukup jauh, butuh waktu 5 jam buat sampe di sana, Tapi sepanjang perjalanan banyak toko-toko atau supermarket ko kalau misalnya lu masih butuh buat menuhin perbekalan atau makan.

Ini foto gua sama sahabat gua waktu naik mobil bak terbuka ke pos pendakian sembalun.

Gua sampe pos pendakian itu sekitar jam 6 sore. Di sana gua solat, packing ulang dan registrasi. Biaya registrasinya Rp 15.000 tiap pendaki. Gua ngerencanain bakal pendakian malem sampe pos 1. Mulai naik itu sekitar jam 8 malem, tracknya masih nyantai ga terlalu curam atau nanjak. Dan sekitar jam 12 malem ternyata gua belum bisa sampe pos 1 dan mutusin buat ngecamp di deket jembatan sebelum pos 1. Di sana aja lu udah bisa liat pemandangan langit yang indah banget, sky full of stars, pemandangan yang jarang banget lu bisa dapetin di kota. Malem itu gua tidur bener-bener beratapkan langit yang berbintang. Ini foto milkyway yang difoto sama temen gua malem itu.

Besok paginya gua bangun dan sarapan buat siap-siap ngelanjutin pendakian. Wajib banget sarapan karena jarak dari tempat gua ngecamp sampe ke pos pelawangan masih jauh banget. Dan salah satu momen yang gua suka saat pendakian adalah momen dimana gua bisa masak bareng sambil bercanda-bercanda sama temen-temen gua, dan momen itu lebih indah dari foto-foto yang gua ambil.

Setelah gua sarapan dan prepare gua lanjutin pendakian gua menuju ke pos 1. Saran buat lu yang ga mau item atau kulitnya sensitif, tolong pake kaos lengan panjang, topi, buff atau apa pun yang nutupin badan lu dari cahaya matahari, kalau bisa pake cream sunblock. Soalnya di sana sinar matahari terik banget, dan track yang lu lewatin ga ada pohon-pohon buat neduh. Dan banyak dari temen gua yang kulitnya kebakar. Gua mulai lanjutin pendakian dari tempat ngecamp jam 8 pagi, tracknya masih ga terlalu curam, naik turun dan masih tanah yang kering. Pemandangannya sepanjang perjalanan indah, spot yang lumayan bagus buat foto-foto, ini hasil foto-foto sepanjang jalan.

Sekitar jam 10 pagi gua sampe di pos 1, istirahat bentar dan lanjut lagi buat sampe ke pos 2. Gua sampe pos 2 sekitar jam 1 siang, di sana banyak pendaki yang istirahat dan sedikit banget tempat buat neduh. Jadi ya mau ga mau lu pans-panasan, di pos 2 luas lu bisa bikin tenda atau masak tapi ya lu bakal rebutan tempat sama porter-porter yang masak dan ngelayanin pendaki bule. Ini foto-foto yang gua ambil di pos 2.

Gua istirahat di pos 2 cukup lama sekitar 1 jam karena masak buat makan siang. Saran ya bro dari gua, hemat-hemat ngabisin air yang lu bawa. Karena dari pengalaman gua lu bakal banyak banget minum buat sampe ke pos pelawangan, dan lu baru bakal nemu sumber mata air kalau udah sampe di pos pelawangan. Dan jaraknya masih jauh banget kalau dari pos 2. Beres makan siang gua lanjut lagi pendakian, target gua sama temen-temen gua hari itu harus sampe pos pelawangan sebelum matahari terbenam. Jadi kita agak naikin tempo jalan kita biar bisa sampe lebih cepet, ternyata track dari pos 2 ke pos 3 aja udah jauh dan nanjak. Cukup nguras tenaga dan waktu. Jarak dari pos 2 ke pos 3 emang jauh banget, buat sampe ke pos 3 tuh lu harus ngelewatin dulu 1 pos bayangan buat istirahat. Udah sampe pos 3 istirahat lagi sebentar dan lanjut ke pos 4, ternyata tracknya lebih curam, beberapa kali lu harus semi climbing karena emg curam. Gua sama temen-temen gua banyak istirahat sepanjang perjalanan, karena cuaca panas ditambah jalurnya yang nanjak bikin cepet lelah. Tapi gua tetep enjoy karena sambil istirahat gua bisa nikmatin indahnya pemandangan rinjani dan ngerenungin perjuangan porter-porter yang kerja keras buat nyari uang dengan cara yang ga biasa gua bilang. Porter naik gunung cuman pake sendal jepit dan pakaian seadanya. Ngangkut barang-barang pendaki yang ngebayar dia bisa sampe puluhan kilogram beratnya. Ditambah lagi jalur pendakian Rinjani yang jauh dan curam. Gokil banget, ini foto-foto yang gua ambil pas istirahat.

Sekitar jam 5 sore gua sampe di pos sebelum naik ke bukit penyesalan, dari namanya gua udah curiga. Bukit penyesalan, kenapa ini bukit dinamain kaya begini. Ternyata emang ini bukit berat banget tracknya, perjalanan dari pos 2 ke pos 4 bukan apa-apa dibanding ngedaki bukit penyesalan. Lu harus naikin bukit dan turun, naik dan turun, naik dan turun, terus begitu sampe lu sampe ke pos pelawangan, Gua lupa ada berapa bukit yang harus naik turunin buat sampe ke pos pelawangan, yang jelas emang bikin cape banget dan lu bakalan banyak minum. Jadi inget saran gua buat hemat-hemat perbekalan air. Banyak pendaki yang kondisi fisiknya menurun waktu ngedaki bukit penyesalan ini dan banyak yang mutusin buat ngecamp atau beberapa malah ada yang mutusin buat balik lagi.

Gua ngedaki bukit penyesalan ini dari sekitar jam 5 sore jadi di tengah-tengah pendakian matahari udah terbenam dan harus pake headlamp. Track bukit pnyesalan ini dominan berpasir jadi harus lebih ngeluarin tenaga ekstra dan ati-ati apalagi kalau udah hampir mau sampe pos pelawangan tracknya bakal tambah curam dan berpasir.

Akhirnya gua sampe ke pos pelawangan sekitar jam 7:30 malem, di sana udah penuh sama tenda pendaki-pendaki yang lain. Cukup sulit buat nyari tempat ngecamp yang rata, dan akhirnya gua ngediriin tenda, masak, dan istirahat karena perjalanan dari pos pelawangan ke puncak masih jauh.

Gua bangun jam 3 pagi, sarapan, prepare dan mulai ngelanjutin perjalanan ke puncak sekitar jam 4 pagi. Dari jam 4 pagi aja gua udah bisa liat cahaya headlamp yang mengular sepanjang jalur pendakian. Keren banget.

Perlengkapan yang harus dibawa buat perjalanan ke puncak cukup 1 tas buat nyimpen air minum atau makanan dan kamera. Gua saranin buat bawa tracking pole karena bakal ngebantu banget waktu ngedaki ke puncak, karena track mau ke puncak berpasir. Lu wajib banget pake jaket yang tebel karena udara di sepanjang jalur pendakian ke puncak dingin banget dan anginnya yang kenceng bakal bikin badan lu menggigil.

Soal air lu bisa ngambil di mata air di pos pelawangan, tempatnya bisa lu tanyain ke porter atau pendaki yang lain. Tapi ati-ati karena track ke mata air licin dan banyak batu yang harus dilompatin. Dan wajib banget lu bawa persediaan air yang banyak.
Tracknya yang berpasir bikin pendaki ga bisa jalan cepet, di sini tracking pole kepake banget. Tracknya lumayan nanjak, tapi yang bikin repotnya itu pasirnya. Jalur pendakian ke puncak cukup jauh menurut gua, gua sampe ke puncak jam 9 pagi karena tracknya yang sulit dan kita banyak foto-foto dan nonton sunrise. Dingin, cape, haus kebayar saat gua bisa ngeliat indahnya lukisan Tuhan dari puncak Gunung Rinjani. Semua yang gua liat dari sana bener-bener indah.

Coba liat hasil foto gua dan temen-temen gua sepanjang perjalanan menuju puncak dan saat berdiri di puncak Gunung Rinjani.

Lama istirahat dan foto-foto di puncak, gua balik lagi ke pos pelawangan. Kebalikan dari ngedakinya, nuruninnya jauh lebih gampang. Karena berpasir lu bisa lari atau meluncur di atas pasir, tapi ati-ati ya batunya jangan sampe kena pendaki yang lagi istirahat. Gua sampe di pos pelawangan sekitar jam 1 siang. Ngambil air, masak, istirahat. Pemandangan dan suasana di pelawangan juga keren banget. Hening, suara angin,dan pemandangan sagara anak dari jauh bikin siang itu indah banget. Sunsetnya keren parah! Dan lagi-lagi ini foto-foto yang gua dan temen-temen gua ambil selama stay di pos pelawangan.

Malamnya kita tidur dan berencana untuk bangun jam 3 pagi untuk meneruskan perjalanan untuk pulang. Jam 3 kita bangun, seperti biasa sarapan, beresin tenda. Jangan lupa bawa sampahnya bawa pulang juga cuy! Pastiin kalau persediaan air yang lu bawa cukup. Gua berniat pulang menuju pos senaru karena biar gua bisa ngelewatin danau sagara anak. Track menuju ke sagara anak menurun dan curam, dipenuhi bebatuan, jadi mesti ati-ati banget. Udah lewat track yang turun dan berbatu, gua mulai jalan dengan track yang cukup nanjak tapi ga berbatu. Tracknya santai, banyak tempat buat istirahat. Gua sampe di sagara anak sekitar jam 9 pagi.

Di sagara anak udah banyak pendaki yang memancing ikan, enjoy banget suasananya. Lu bisa liat danau, orang mancing, gunung kecil sambil minum kopi dan ngobrol sama temen lu. Di sekitar danau sagara anak juga lu bisa nemuin tempat buat berendem air panas dan ada juga gua di sana.

Buat yang penasaran kerennya danau Sagara Anak kaya gimana, ini dia.

Sekitar jam 11 gua lanjutin perjalanan buat turun ke pos senaru, dan yang bikin gua kaget adalah dari Sagara Anak itu kalau lu mau turun ke pos senaru berarti lu harus naikin atau gua nyebrangin bukit yang cukup tinggi dan curam. Parah tracknya berbatu, curam, kadang-kadang jalurnya kecil dan seringkali gua harus semi climbing. Tracknya panjang banget, gua baru sampe ke pos 3 itu jam 7 malem dan persediaan air gua udah habis. Gua tanya ke porter katanya sumber air adanya di pos 2. Terus kita berencana buat ngelanjutin perjalanan ke pos 2, tapi porter menganjurkan untuk tidak melanjutkan perjalanan karena banyak cerita horror yang mengatakan kalau perjalanan menuju pos 2 itu seram dan apalagi di malam hari. Bahkan katanya di pos 2 itu banyak cerita yang tidak mengenakkan untuk pendaki, konon katanya tidak ada porter yang berani untuk pulang menuruni gunung bila matahari sudah terbenam.

Kami memutuskan untuk melanjutkan perjalanan pulang malam itu juga, kami semua memakai headlmap. Memang seram suasananya, tapi gua berdoa aja sepanjang jalan semoga bisa selamat sampe tujuan. Dan akhirnya gua sampe di pos 2 jam 11 malem, untungnya di sana ada pendaki lain yang ngecamp. Jadi kami ikut bergabung dan membuat api unggun untuk menghangatkan diri, di sana pun gua dan teme-temen gua ngambil air. Dan berbeda dengan mata air di pelawangan, mata air di sini sulit untuk diambil airnya. Kami harus menuggu air untuk terkumpul keluar dari tanah lalu kita masukkan ke dalam botol. Butuh perjuangan dan kesabaran buat ngambil air di pos 2.

Selama istirahat di pos 2 memang beberapa kali terjadi beberapa hal yang bikin merinding, seperti suara-suara aneh yang mungkin berasal dari suara hewan dan beberapa kali seperti ada yang melempar sesuatu ke arah tenda. Jadi gua malem itu ga bisa tidur dan milih buat ngobrol di depan api unggun. Lagi-lagi momen kaya gini yang bikin gua kangen naik gunung.

Jam 3 pagi gua dan temen-temen gua mutusin buat ngelanjutin perjalanan turun ke pos senaru, agak nekat emang tapi kita mantap untuk lanjut. Dari pos 2 ke pos 1 jaraknya cukup jauh, tracknya tanah biasa dan tidak berbatu tapi ati-ati sama akarnya. Sebelum same ke pos 1, lu bakal ngelewatin pos bayangan. Cahaya headlamp, suara serangga menemani perjalanan kami untuk sampai ke pos 1, gua sampe di pos 1 sekitar jam 6 pagi. Dan sumpah pos 1 suasananya serem parah. Pos 1 itu pos terakhir buat turun ke pos senaru. Gua ga mau lama-lama di situ dan langsung ngelanjutin perjalanan turun ke pos senaru.

Jam 7 pagi gua akhirnya sampe di pos senaru, lega rasanya gua dan temen-temen gua bisa balik lagi dengan selamat. Karena tujuan mendaki gunung adalah untuk kembali pulang bertemu keluarga dengan selamat.

Ini foto-foto perjalanan pulang gua dari Danau Sagara anak sampe ke pos senaru.

Done! Perjalanan gua ke Gunung Rinjani udah sampe ke titik finish, waktunya gua dan temen-temen untuk ke pantai. Terima kasih Tuhan, terima kasih Rinjani, terima kasih teman-teman. Pendakian kali ini sangat berharga karena semua momennya.

Okay lanjut dari pos senaru gua nyewa supir dan mobil untuk menuju ke gili, naik kapal. Harga tiketnya Rp 15.000 per orang buat ke gili trawangan. Di gili gua langsung cari kamar, dan akhirnya nemu rumah yang isinya 2 kamar harganya Rp 800.000 per malam. Mahal emang, harganya masih harga liburan waktu itu. Di gili gua istirahat dan nikmatin pemandangan pantai yang ga kalah indah dari pemandangan di gunung.

Foto-foto di Gili Trawangan.

Gua stay di Gili cuman 1 malem, banyak yang bisa lu lakuin di gili dalam 1 malem. Liat sunset, keliling gili pake sepeda. Banyak tempat makan di sana dari yang murah sampai yang mahal. Buat lu yang mau beli oleh-oleh juga banyak kerajinan tangan khas Lombok di Gili.

Besoknya gua balik lagi dan lanjut ke pelabuhan lombok buat nyebrang ke pulau Bali. Tiket kapal untuk nyebrang ke pulau Bali Rp 40.000 per orang. Butuh waktu sekitar 4 jam buat sampe pelabuhan padang bai, dan sialnya kapal penuh, Gua akhirnya duduk di bagian belakang kapal, deket mesin penarik jangkar. Seru sih tapi panas, kaya gini bro kejadiannya.

Sampai di pelabuhan padang bai sekitar jam 7 malem, jujur aja gua gatau harus naik apalagi buat sampe ke pelabuhan gilimanuk. Akhirnya gua ketemu sama pendaki lain yang mau ke Banyuwangi dan kita menyewa elf, tiap orang membayar Rp 60.000 untuk sampai ke pelabuhan. Gua sampe di pelabuhan jam 12 malem. Jaraknya emang jauh, ujung pulau Bali ke ujung pulau Bali lagi. Untuk menyebrang ke pulau Jawa sebentar cuman butuh waktu 45 menit dan harga tiketnya Rp 7.500 tiap orang. Oh iya jam keberangkatan kapal itu tiap jam ada jadi jangan khawatir ketinggalan jadwal. Dan kalau berangkat tengah malem gini pasti kapal kosong tapi ombaknya kenceng bro.

Sesampenya di pelabuhan, kami menuju ke stasiun banyuwangi. Jarak dari pelabuhan ke stasiun deket banget cukup jalan ga sampe 10 menit. Gua naik kereta yang ke Yogyakarta dan turun di stasiun lempuyangan. 12 jam gua di kereta dari Banyuwangi sampe ke Yogyajarta. Harga tiket keretanya Rp 100.000 karena gua pake kereta kelas ekonomi. Di yogyakarta gua sempet nongkrong dulu di angkringan bareng temen-temen gua, Yogyakarta emang oke banget angkringannya.

Lanjut dari angkringan gua jalan sedikit ke stasiun Yogyakarta (Tugu), gua naik kereta menuju bandung. Harga tiket Rp 260.000, gua pake kereta kelas bisnis karena udah ga kebagian yang kelas ekonominya. 8 jam dari Yogyakarta ke Bandung, dan yey Bandung! Stasiun bandung jadi tempat terakhir perjalanan gua kali ini.

RIFQI ADITYA
GEOLOGI
UNIVERSITAS INDONESIA

For an amazing adventure apparel, Malka.