Friday, September 11, 2015

Car Free Day Jakarta

Jum'at, 11 September 2015 03.30 | Natasya Prima Oktaviani, Geologi 2015

                Car Free Day (CFD) merupakan hari bebas kendaraan yang diadakan di sepanjang rute Jakarta yang telah ditentukan dan rutin diadakan setiap hari minggu. Car free day sendiri terbagi menjadi  beberapa lokasi dan diantaranya diluar Jakarta yang dimulai pukul 06.00-11.00 WIB, salah satunya lokasi DKI Jakarta yaitu sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin.  CFD ini salah satunya berdasarkan Peraturan Daerah Nomor 2 Tahun 2005 Tentang Pengendalian Pencemaran Udara (Pasal 27) sebagai salah satu  pengurangan dampak pencemaran udara yang tinggi di daerah Jakarta.

               Contoh objek fotografi CFD Jakarta
               (sumber : dokumen pribadi)  

  Saat ini adanya CFD menjadi salah satu trend bagi masyarakat terutama di kalangan remaja. Banyak diantara remaja ini menjadi ajang untuk berfoto-foto, berburu makanan enak dan mengikuti event kekinian. Selain itu banyak orang yang bersepeda, lari atau sekadar jalan bersama teman dan keluarga serta memanfaatkan momen CFD untuk berburu objek fotografi. Bicara tentang fotografi lokasi yang menjadi objek terbilang menarik karena lokasi Jakarta yang banyak gedungnya, terutama daerah yang kerap menjadi objek fotografi adalah Bundaran HI, tetapi banyak juga bangunan tinggi lainnya yang juga bagus untuk dijadikan objek.

Suasana CFD (sumber : dokumen pribadi)

      Selain itu CFD sering adanya event menarik yang menjadi daya tarik tersendiri, seperti live music, senam bersama, flashmob, sepeda santai, pameran dan lainnya yang tidak pernah sepi dari antusias masyarakat. CFD ini telah mengurangi kepadatan kendaraan pribadi atau umum, namun apabila ingin menggunakan angkutan umum dapat memilih busway atau bajaj sebagai alternatif. CFD yang awalnya pertama digelar tahun 2002 ini, diadakan agar dapat menjadi gaya hidup yang selain dapat mengurangi polusi juga membentuk pola hidup sehat dengan berolahraga. 


Referensi : infocarfreeday.net 

No comments:

Post a Comment