Friday, September 11, 2015

Bisnis Online

                      Zaman sekarang segala sesuatu sudah berbasis internet. Belajar, mengerjakan tugas, menyelesaikan pekerjaan, berkomunikasi, semua melalui jaringan internet. Saat ini berdagang juga sudah berbasis internet. Dagang berbasis internet sering disebut bisnis online.

                Bisnis online pada dasar nya bertujuan untuk mempermudah para konsumen untuk berbelanja. Dengan berbelanja online, konsumen tidak perlu pergi ke suatu tempat untuk berbelanja. Cukup melalui gadget, konsumen sudah dapat berbelanja. Praktis, cepat, dan mudah.


Bisnis online memiliki manfaat dua arah, penjual dan konsumen. Manfaat yang dirasakan penjual adalah ketika penjual tidak perlu membayar biaya kios. Sedangkan manfaat untuk konsumen adalah konsumen tidak perlu menghabiskan waktu untuk pergi ke tempat belanja, irit tenaga, dan juga irit ongkos. Cukup memesan barang, membayar, dan barang pesanan akan segera tiba.

                Jika anda memiliki hobi, bakat atau suatu kemampuan yang dapat dikembangkan menjadi bisnis, mengapa tidak? Berikut adalah langkah-langkah untuk memulai bisnis online:


1. Tentukan apa yang akan anda jual
Langkah ini harus dipikirkan secara matang. Cari tahu apa yang menjadi kebutuhan masyarakat, hal yang menarik bagi masyarakat, ataupun hal yang baru, unik, dan kreatif. Lakukan juga riset produk. Apakah produk anda bisa menjadi daya tarik para konsumen atau tidak. Pada langkah ini juga diperlukan perhitungan mengenai modal suatu produk, dan laba nya.

2.  Buka lapak online
Bisnis online bisa dilakukan dimana-mana. Banyak sarana yang dapat digunakan, contoh nya seperti :  tokopedia, blibli, olx, blogspot, wordpress, BBM, Line, Instagram, dan masih banyak lapak online atau media sosial lain yang dapat dimanfaatkan sebagai lapak bisnis online.

3. Promosi
Langkah ini merupakan langkah yang sangat penting. Dalam promosi, pedagang harus mampu mempromosikan produk nya se menarik mungkin. Pengambilan foto produk, keterangan produk, harga produk, dan promo harus disusun sedemikian rupa agar para konsumen tertarik.

                Jadi, bisnis online memiliki banyak keuntungan dan manfaat nya. Namun dalam berbisnis tentu diperlukan kerja keras, tanggung jawab, dan kesabaran.  Jika mengikuti langkah-langkah dengan baik, bisnis online akan menjadi hal yang mudah dan menyenangkan.




artikel ditulis oleh:
Jessica Adeline. J , Geologi UI 2015  

No comments:

Post a Comment