Friday, September 11, 2015

Masker Beras Alami untuk Menghilangkan Bekas Jerawat dan Kulit Kusam

            



            Banyak yang tidak menyadari manfaat dari bahan-bahan alami yang berada disekitar kita ini. Salah satunya beras ini, beras yang setiap hari kita makan memiliki banyak manfaat bagi tubuh sebagai penyuplai karbohidrat yang merupakan sumber energi tertinggi, ternyata tidak hanya itu saja, beras juga memiliki manfaat untuk kulit wajah kita ini. Masker beras ini memiliki berbagai macam manfaat diantaranya mampu mencerahakan dan mengencangkan kulit wajah. Masker ini juga dipercaya mampu untuk menghilangkan flek-flek hitam, bekas jerawat, bekas cacar, dll. Beras mengandung squalane oil, vitamin E, dan vitamin C yang membuatnya menjadi sangat bermanfaat bagi kulit.


            Terdapat berbagai macam cara yang bisa ladies lakukan untuk mengolah beras menjadi masker yang bermanfaat bagi kulit wajah kalian. Yuk, langsung cek beberapa macam cara untuk mengolah beras menjadi masker.
1.      Menjadikan tepung beras alami
Cara ini termasuk sedikit ribet, namun manfaatnya lebih dapat karena kita menggunakan berasnya secara langsung. Pertama, cuci beras organik secukupnya lalu rendam beras organik ini semalaman. Esoknya beras dihancurkan dengan cara ditumbuk atau diblender hingga halus. Jemur beras yang sudah menjadi tepung ini hingga kering dan tepung beras inipun siap untuk dilarutkan dan dijadikan masker alami.
2.      Menggunakan air cucian beras
Ini adalah cara yang paling simpel dan tidak mengurangi manfaatnya sedikitpun. Setiap ladies mencuci beras jangan buang air rendaman pertamanya. Tiriskan air cucian pertama beras di suatu wadah, diamkan selama 5-7jam di dalam lemari pendingin. Setelah itu akan ada endapan berwarna putih yang terdapat di dasar wadah, tiriskan air cucian beras tersebut untuk mendapatkan endapan di dasar wadah, awas jangan sampai endapannya ikut terbuang secara sia-sia. Masker inipun siap dipakai! Oleskan endapan ini ke wajah ladies secara merata, diamkan selama 30 menit – 1 jam, kemudian bilas dengan air hangat hingga bersih.
3.      Mencampurkan beras dengan berbagai macam bahan alami
a.       Masker beras dan madu
Bahan alami yang sudah tidak diragukan lagi kasiatnya tentu saja adalah madu, banyak produk kecantikan yang sudah menggunakan ekstrak madu sebagai bahan dasar produk mereka. Namun terkadang ada beberapa produk yang mengandung bahan kimia. Tentu saja tidak mau bukan kalau bahan kimia berbahaya mencampuri wajah ladies? Masker beras dan madu ini dapat menjadi solusi jitu bagi masalah kulit ladies, cukup ambil tepung beras (seperti cara no. 1) yang sudah dibuat, larutkan dengan beberapa tetes madu dan masker inipun bisa langsung digunakan. Ladies juga bisa menggunakan endapan air cucian beras yang dicampur dengan beberapa tetes madu untuk masker jenis ini.
b.      Masker beras, madu, dan minyak zaitun
Minyak zaitun tentu tidak dapat diragukan lagi manfaatnya, dikenal sebagai minyak yang bisa mengatasi masalah kulit kering membuat minyak zaitun ini mudah ditemukan di pasaran Indonesia. Gimana sih cara memanfaatkan campuran bahan-bahan ini? Simpel saja, cukup campurkan tepung beras, beberapa tetes madu, beberapa tetes minyak zaitun ke dalam suatu wadah. Campurkan bahan-bahan ini hingga membentuk adonan seperti pasta. Kemudian, oleskan adonan yang sudah bisa dikatakan sebagai masker ini ke wajah ladies secara merata, diamkan selama kurang lebih 30 menit-1 jam hingga terasa mengeras, bilas dengan air hangat hingga bersih. Gunakan secara rutin untuk merasakan manfaatnya.
c.       Masker beras dan tomat
Tomat dikenal dapat menghilangkan masalah komedo pada wajah. Cukup hancurkan tomat hingga halus dan campurkan ke dalam masker beras, aduk hingga merata. Masker inipun siap diaplikasikan.
Itu sedikit dari berbagai macam jenis masker beras beserta campurannya yang bisa ladies buat sendiri. Banyak varian lainnya seperti masker beras dan gula, masker beras dan jeruk nipis, masker beras dan baking soda, dan lain-lain. Tanpa perlu mengeluarkan budget yang tinggi, ladies sudah bisa mendapatkan wajah mulus, kencang, dan lembab.

This article is writen by
Dhara Adhnandya Kumara, Geofisika UI 2015.

No comments:

Post a Comment