Saturday, September 12, 2015

Bagaimana Langkah-Langkah yang Dapat Kita Lakukan Supaya Produk Lokal Lebih Dipertimbangkan Dibanding Produk Impor?

Bagaimana Langkah-Langkah yang Dapat Kita Lakukan Supaya Produk Lokal Lebih Dipertimbangkan Dibanding Produk Impor?

Barang impor dapat kita temui di berbagai macam tempat seperti di pasar, di took swalayan, dll. Banyak negara yang memilih untuk mengimpor karena permintaan yang besar terhadap produk tertentu dan produsen local tidak dapat memenuhi permintaan tersebut. Banyak faktor yang menyebabkan barang impor mudah ditemui di pasaran seperti harga yang lebih terjangkau, kualitas produk yang lebih tinggi, biaya produksi yang lebih murah dibandingkan produk lokal, dan dapat menjalin hubungan yang baik dengan negara pengekspor. Tetapi, jika masyarakat lebih memilih produk impor dibandingkan produk lokal, ini akan berdampak negatif pada produsen lokal yang dapat menyebabkan kebangkrutan. Pemerintah harus melakukan tindakan untuk mencegah penggunaan produk impor yang berlebihan. Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat dilakukan oleh pemerintah untuk mengurangi produk impor.

Pertama, dengan menaikkan pajak barang impor, barang impor akan semakin mahal. Pemakaian produk lokal akan berkurang jika harga barang impor semakin mahal. Masyarakat yang sebelumnya menggunakan barang impor akan beralih menggunakan produk lokal karena faktor harga. Selain itu, permintaan pasar terhadap barang impor akan berkurang dan sebaliknya, permintaan pasar terhadap produk lokal akan bertambah. Produsen lokal akan diuntungkan dengan adanya pertambahan  permintaan pasar terhadap produk lokal.

Kedua, dengan adanya subsidi pemerintah terhadap harga produk lokal, harga produk local akan semakin murah. Masyarakat pun akan diuntungkan dengan adanya subsidi pemerintah karena harga produk lokal yang semakin murah. Masyarakat dapat menghemat uang mereka dengan membeli produk lokal. Selain itu, memberikan diskon tambahan untuk produk lokal adalah cara yang efektif untuk menarik minat masyarakat untuk membeli produk lokal. Memberikan diskon tambahan untuk produk lokal juga membuat produk lokal lebih laku terjual dibandingkan produk impor.

Ketiga, menambahkan label sertifikat “terpercaya” pada produk local merupakan salah satu cara efektif untuk menarik konsumen untuk membeli produk lokal. Banyak konsumen yang memilih produk impor karena kualitasnya yang lebih baik dibandingkan produk lokal. Jika pemerintah menambahkan label sertifikat “terpercaya” pada produk lokal, maka produk lokal akan dipertimbangkan oleh konsumen. Konsumen akan berpikir bahwa label sertifikat “terpercaya” langsung disertifikasi oleh pemerintah.

Jadi, ada beberapa cara yang dapat dilakukan oleh pemerintah untuk mengurangi penggunaan produk impor. Jika masyarakat lebih memilih produk local dibandingkan produk impor, tidak hanya dapat member manfaat lebih untuk produsen lokal, tetapi juga dampak positif untuk perindustrian nasional.


Published by:
Farhan Ghifari Mahesa
Geologi

No comments:

Post a Comment