Saturday, September 12, 2015

Apakah Anda Seorang Pecandu Media Sosial?

             Media sosial telah menjadi hal yang sangat berpengaruh pada kehidupan modern kita, maka tidak heran bila media sosial disebut sebagai ‘revolusi’ dunia. Sebenarnya, apa itu media sosial? Seperti halnya Facebook, Twitter dan Path, sebuah media sosial dapat berupa situs atau alat-alat online lainnya yang membantu orang untuk berkomunikasi dengan sesama sehingga dikenal sebagai teknologi komunikasi dua arah. Kemampuannya dalam menyediakan sebuah jaringan komunikasi yang tidak dibatasi oleh jarak membuat media sosial menjadi hal yang fenomenal dikalangan masyarakat dunia.


            Media sosial telah merajalela kehidupan manusia dari hal pertemanan hingga hal-hal yang berbau bisnis. Jaman sekarang kebanyakan orang lebih memilih untuk berkomunikasi melalui media sosial dibandingkan dengan telepon atau SMS, sehingga media sosial telah menjadi kebutuhan sehari-hari kami semua. Dikarenakan oleh perkembangan teknologi, tidak heran bila media sosial menjadi kebutuhan sekunder dalam kehidupan bermasyarakat, namun jangan sampai anda menjadi pecandu.

            Menurut The American Society of Addiction Medicine, kecanduan sendiri bukanlah masalah moral, sosial maupun kriminal, melainkan salah satu bentuk masalah otak. Kecanduan menciptakan bias dalam hal pemikiran, perasaan dan persepsi, hal tersebut memungkinkan pecandu untuk berperilaku dengan cara yang tidak lazim. Dengan ini, berikut adalah ciri-ciri pecandu media sosial:

  1. Hal pertama yang dilakukan setelah bangun tidur adalah mencari handphone dan mengakses situs sosial, mungkin untuk meng-update status dari sleeping menjadi awake di Path.
  2. Mengakses media sosial setiap memiliki waktu senggang. Bahkan ketika tidak pun anda berusaha mencuri waktu untuk mengintip media sosial anda.
  3. Mengakses media sosial bila sedang mengalami emosi tertentu. Anda menginginkan dunia untuk mengetahui perasaan anda, seperti ketika anda sedang jatuh cinta atau bahkan ketika sedang sedih karena pacar anda ditikung sahabat anda sendiri.
  4. Merasa tertekan bila tidak ada sinyal untuk mengakses internet.
  5. Menggunakan media sosial untuk berkomunikasi dengan teman, rekan kerja, keluarga atau pacar (jika ada).
               Berapa ciri yang menggambarkan anda? Jika lebih dari tiga maka berhati-hatilah, karena anda mulai termasuk ke dalam kategori 'pecandu media sosial'. Perbanyaklah aktivitas dan kurangi penggunaan handphone atau gadgets lainnya yang memiliki akses internet agar anda tidak menjadi pecandu. Kehidupan disekitar anda jauh lebih indah daripada kehidupan dibalik layar handphone.


Ditulis oleh Nabila Prihandina Purwanto, Geofisika 2015.


No comments:

Post a Comment