Saturday, September 12, 2015

Microsoft Small Basic: Belajar Programming Dimulai dari yang Kecil.

Belajar programming memang bukan merupakan hal yang mudah. Selain mengingat arti dari setiap kode yang digunakan, kita juga harus bisa membentuk hubungan antar kode sehingga menghasilkan sebuah program yang kita inginkan. Programming juga perlu kesabaran serta ketelitian tingkat tinggi. Bayangkan, sebuah kesalahan kecil dalam sebuah kode sepanjang 100 baris dapat menyebabkan program gagal berjalan, dan mencari-cari dimana kesalahan tersebut dapat membuat kita frustrasi. Karena itu, muncullah Microsoft Small Basic.






Microsoft Small Basic adalah sebuah aplikasi yang sengaja dirilis Microsoft untuk anak-anak maupun para pemula yang tentunya masih kurang lancar dalam programming. Desainnya yang simpel memudahkan kita dalam proses belajar. Untuk setiap kode yang kita ketik, akan keluar definisi dari kode tersebut, apa yang dilakukan oleh kode tersebut, dan contoh penggunaannya.



Ketika kita ingin memeriksa apakah kode yang kita masukkan sudah benar, kita dapat menekan F5. Apabila kode sudah benar, maka Small Basic akan menjalankannya. Apabila ditemukan kesalahan, Small Basic akan menunjukkan letak kesalahan tersebut dan penyebab dari kesalahan tersebut, misalnya: ada kode yang tidak dikenal, penggunaan kode yang salah, atau penempatan simbol yang salah.





Dengan belajar programming melalui aplikasi ini, kita memang tidak langsung bisa menciptakan sebuah program setingkat Adobe Photoshop. Namun, paling tidak dengan mempelajari Small Basic ini, kita memulai sebuah langkah kecil. Langkah kecil dari sebuah perjalanan panjang di dunia programming.

Software ini dapat anda dapatkan gratis di:
http://www.smallbasic.com/

Selamat berkreasi!

Felix Andrean - 1506734424 - Geofisika

No comments:

Post a Comment