Friday, September 18, 2015

Abraham Lincoln, Integritas Tiada Batas



Civil Rights Activist, U.S. Representative, U.S. President, Lawyer
12 Februari 1809 (Hodgenville, Kentucky) – 15 April 1865 (Washington, D.C.)

                Abraham Lincoln, presiden Amerika Serikat ke-16 ini adalah seorang tokoh yang terpandang karena kegigihan perjuangan dan integritas
nya dalam membela apa yang dia anggap suatu keadilan. Ia-lah presiden yang memperjuangkan pembebasan budak yang dulu terjadi di Amerika Serikat.
                Awal perjuangannya berawal ketika ia masih remaja, 1928 ketika dia di New Orleans untuk mengantar barang dengan menyewa sebuah kapal, dia melihat perbudakan di sana, sejak saat itulah dia menetapkan tekad bulat untuk memperjuangkan pembebasan budak di Amerika Serikat. Di Amerika Serikat, masyarakat bagian utara memang terkenal dengan pemikirannya yang luas, meskipun mereka miskin. Di lain sisi, bagian selatan terkenal dengan masyarakatnya yang kebanyakan bangsawan yang memiliki banyak budak untuk mengurusi lading-ladang dan persawahan mereka, namun tidak memperdulikan para budak. Inilah yang menjadi tantangan Lincoln dalam perjuangannya menghapus perbudakan di Amerika Serikat. Lincoln muda memiliki kesulitan dalam berbicara, yakni terbata-bata, namun ia belajar dari pendeta-pendeta  gereja yang memberi pidato, dan ia berhasil dengan tekadnya untuk bisa memberi pidato yang baik yang kelak ia akan gunakan untuk memengaruhi orang banyak dalam mendukungnya menghapus perbudakan.
                Sejak umur 23 tahun, ia mulai mencalonkan diri menjadi anggota DPD Negara Bagian Illinois, namun ia gagal. Tidak berhenti di situ, ia mencoba lagi untuk periode berikutnya dan berhasil menduduki kursi DPD Illinois. Integritasnya diuji di dunia perpolitikan Amerika Serikat dengan banyaknya tentangan dari apa yang ia rasakan, ia pikirkan, ia ucapkan, dan ia lakukan. Tidak berhenti menjadi anggota DPD, ia terus menambah ilmunya dengan membaca banyak buku hingga ia bisa menjadi pengacara pada usianya yang ke 28, dan ia membuka biro hukum.
                Karir politiknya naik hingga ia menjadi anggota kongres. Ketika itu, ia mengusulkan tentang undang-undang penghapusan perbudakan di wilayah Columbia, namun karena banyak yang menentang, ia pun diberhentikan dari karir politiknya. Masyarakat bangsawan yang memiliki budak berpendapat bahwa jika mereka kehilangan budak mereka, itu artinya mereka kehilangan hak mereka. Sejak itu, Lincoln menjadi pengacara.
                Tidak berhenti di situ, Lincoln tetap memperjuangkan keyakinannya dengan kembali ke dunia politik, ia mencalonkan dirinya sebagai senat Amerika Serikat, namun gagal. Ia terus berjuang mencalonkan diri sebagai senat hingga akhirnya ia menjadi senat.Ia terus memperjuangkan penghapusan perbudakan di Amerika Serikat, khususnya di daerah utara. Kemudian ia mencalonkan diri menjadi presiden amerika serikat dan memenangkan pemungutan suara. Namun begitu, masih banyak masyarakat Amerika Serikat, khusunya bagian utara, yang mengganggapnya presiden. Disinilah timbul perang saudara.

                Meskipun Lincoln tidak ingin mengobarkan perang, namun ia harus melawan pihak lawan, untuk mewujudkan penghapusan perbudakan. Dalam perang saudara ini, dia memproklamirkan pembabasan budak di seluruh Amerika Serikat. Dan saat itulah menjadi momentum penggerak seluruh pendukung Lincoln, serta budak-budak yang merasa terbebaskan, untuk mendesak pihak lawan yang menentang mereka. Akhirnya perang itu-pun dimenangkan oleh pihak Lincoln, dan masyarakat bagian selatan mau tidak mau tunduk di bawah kepemimpinan Abraham Lincoln, Honest Abe, The Great Emancipator.

Itulah integritas yang dapat kita lihat di diri Lincoln, ia tidak luput dari tentangan banyak orang, bahkan dari petinggi-petinggi negara dan kaum bangsawan. Namun ia tetap pada tempat ia berpijak. Yang ia rasakan, ia pikirkan, ia ucapkan, dan ia lakukan semuanya sejalan dengan sesuatu yang ia anggap kebenaran. Ia tak roboh bahkan dengan perang yang berkobar karena apa yang ia yakinkan. Integritas Tiada Batas.

Oleh: Novrizal (Geofisika-1506740830)
Sumber:
www.biography.com/people/abraham-lincoln-9382540#civil-war
www.anneahira.com/biografi-abraham-lincoln.htm
www.biografipedia.com/2015/07/biografi-abraham-lincoln-presiden-ke-16-amerika-serikat.html?m=1


No comments:

Post a Comment