Saturday, October 3, 2015

Self-Management Itu Tidak Mudah

Hai semua! Aku mau share aja nih tentang Self-Management. Kalo diartiin sih Self-Management itu mengatur diri sendiri, maksudnya bagaimana cara mengatur atau me-manage diri sendiri dengan optimal. Karena sebenernya “Management is not only for managers, just as Leadership is not only for leaders.” Setiap individu adalah manager & leader buat dirinya sendiri, dan tiap individu memiliki karakter yang berbeda-beda dalam me-manage dirinya sendiri. Untuk beberapa individu self-management menjadi hal yang tidak mudah, karena mungkin invidu itu belum mengenali dirinya sendiri. Oleh karena itu,
sangat penting bagi tiap individu untuk mengenal dirinya sendiri lebih dalam.
Self-management itu sendiri meliputi apa saja target yang ingin dicapai dan bagaimana me-manage waktu dengan baik. Motivasi yang tinggi sangat dibutuhkan untuk pencapaian target yang telah dibuatnya, selain itu konsentrasi juga berpengaruh dalam self-management itu sendiri. Sebab adanya konsentrasi yang tinggi maka ia akan bertindak dan berpikir lebih cepat daripada individu yang konsentrasinya kurang baik. Konsentrasi yang kurang baik sering dikaitkan dengan anggapan bahwa individu itu “lemot”, dan nantinya akan berpengaruh terhadap cara berpikir dan motivasinya. Secara sosial, individu yang dijuluki “lemot” oleh lingkungannya, ia akan berpikir bahwa ia memang lemot dan ketika ia mengalami puncak emosi yang labil ia akan berpikir bahwa tidak ada yang bisa ia lakukan dan selamanya tetap seperti itu, hal ini jelas akan memengaruhi motivasinya mencapai targetnya. Dan juga akan berpengaruh terhadap management waktunya yang akan kurang optimal. Sebenarnya banyak faktor yang membuat individu itu kurang mengoptimalkan management waktunya. Selain dari kurang mengenalnya individu itu pada dirinya sendiri, juga karena kurangnya komitmen pada dirinya sendiri.
Meskipun beberapa individu menganggap bahwa self-management itu tidak mudah, namun ada beberapa tips (dikutip dari tcd.ie) agar management waktunya lebih baik, yaitu:
·         Prioritize
·         Plan
·         Break things into small, manageable pieces
·         Goal setting
·         Be specific
·         Use all time
·         Action build momentum
·         Make a commitment




Andromeda – Geofisika’15

No comments:

Post a Comment