Sunday, October 4, 2015

DVORAK Si Keyboard Efisien yang Kurang Terkenal

Hari gini siapa sih yang gak tau keyboard QWERTY? Pasti udah tau semua dong. Kalo keyboard DVORAK gimana? Pasti masih banyak nih yang belum tau. Nah kali ini kita membahas tentang keyboard DVORAK karena banyak yang belum tau tentang keyboard DVORAK. Oke kita mulai yaaaa.


Gimana sih sejarahnya keyboard DVORAK? Ya, jadi si keyboard DVORAK ini dibuat dan didesain oleh Dr. August Dvorak bersama dengan sepupunya, Dr. William Dealey pada tahun 1936. Pada awalnya keyboard ini dikenal dengan nama Simplified Keyboard karena keyboard ini didesain untuk meminimalisir pergerakan jari, mengurangi kesalahan pada saat pengetikan, dan juga untuk memudahkan kita saat mengetik. Seiring berjalannya waktu, keyboard ini lebih dikenal dengan nama DVORAK Keyboard di kalangan masyarakat. Namun keyboard DVORAK memiliki susunan yang berbeda dengan keyboard QWERTY seperti gambar berikut.

Susunan QWERTY

The Qwerty layout

Susunan Dvorak

The Dvorak layout

Jadi jika dibandingkan dengan keyboard QWERTY, keyboard DVORAK jauh lebih efisien jika digunakan saat mengetik. Mengapa bisa seperti itu? Mari kita lihat gambar dibawah ini.

Pertama dapat dilihat dari susunan hurufnya. Pada keyboard DVORAK susunan hurufnya bedasarkan dari penggunaan hurufnya. Kemudian pada keyboard DVORAK peran tangan kanan lebih besar daripada tangan kiri sehingga dapat mengurangi error pada saat pengetikan. Namun keyboard DVORAK hanya diakui sebagai keyboard versi alternatif. Hal ini diakui secara resmi oleh ANSI (American National Standard Institute) pada tahun 1970. Hal ini membuat DVORAK harus kalah bersaing dengan QWERTY yang sudah lebih dulu terkenal pada organisasi-organisasi dunia saat itu dan tidak ingin mengambil resiko rusak untuk mengganti ke DVORAK.


Ditulis oleh,


Boy Raka Pratama/1506737496/Geofisika

No comments:

Post a Comment