Saturday, October 3, 2015

Ambil Gambar Terbaikmu dengan Polaroid!




Hei! Kamu pecinta photography? Atau seneng sama vintage stuff? Pasti gak asing dong sama kamera yang satu ini “Polaroid”. Yup, polaroid kamera yang tinggal click langsung jadi sedang booming kembali nih pada tahun 2000-an. Dengan desain yang lebih menarik dan berwarna, kamera ini memiliki tempat tersendiri di hati para pecinta photography.


Tapi, pernah tidak mengalami hal yang tidak menyenangkan dimana saat kamu memotret menggunakan kamera tersebut hasilnya menjadi gelap dan tidak nampak apapun? Atau terlalu terang hingga semuanya putih? Sayang ‘kan dengan filmnya yang cukup mahal perlembarnya terbuang secara cuma-cuma?
But guys, don’t worry be happy, you should try all of this tips and you’ll get a better image there! Okay, ini dia tipsnya :
1.       Perhatikan cara memegang kamera

Dari semua hal tentu saja hal inilah yang paling utama. Kita harus mengetahui bagaimana memegang kamera polaroid dengan baik dan benar. Jangan sampai saat mengambil gambar jari kita justru menutupi flash ataupun lensa dari kamera polaroid tersebut.
2.       Atur cahaya atau flash dari kamera tersebut

Kita perlu memerhatikan latar belakang benda yang kita ambil gambatnya. Terutama jika latar benda tersebut berwarna putih atau memantulkan cahaya pastikan kita mengambilnya secara menyerong, agar cahaya tidak terpantul kembali. Lalu jika mengambil foto suatu objek, pastikan posisi kamera sejajar dengan wajah/bagian pusat dari benda tersebut sehingga flash dapat menyebar secara merata.
3.       Perhatikan simbol yang ada pada kamera

Saat menyalakan kamera tipe kamera mulai dari instax mini 7s-50s ataupun jenis kamera lainnya pasti memiliki simbol tertentu. Usahakan untuk mengatur simbol tersebut satu tingkat lebih rendah dari yang seharusnya (yang ditunjukan oleh lampu yang menyala). Ini akan membuat gambar yang diambil terlihat lebih tajam.
4.       Jarak dalam mengambil suatu objek

Nah, ini dia the most important one, kita haru tahu jarak yang baik untuk pengambilan beberapa objek, berikut diantaranya :
a.       Untuk 1 hingga 2 orang, ambil jarak sekitar 100 meter dari background;
b.      Untuk 2 hingga 3 orang, ambil jarak sekitar 150 meter dari background;
c.       Untuk 3 hingga 5 orang, ambil jarak sekitar 200 meter dari background.

Nah, itu dia tipsnya. Gimana? Tertarik untuk mengambil gambarmu menggunakan kamera polaroid? Yuk dicoba dan rasakan sensasi bermain dengan barang vintage! And save your beautiful memories there.

Salam hangat,

Dhara Adhnandya Kumara
Geofiska-Universitas Indonesia / 2015

No comments:

Post a Comment