Saturday, September 12, 2015

Quick Tips for Better Time Management


Kualitas hidup anda tergantung bagaimana cara anda mengelola waktu bukan berapa banyak energi yang dibutuhkan pada apa yang anda lakukan. Jika anda memiliki banyak hal yang harus dilakukan atau anda ingin mengatur waktu anda lebih efisien. Anda perlu belajar bagaimana cara mengelola waktu. Berikut tips cara mengelola waktu agar lebih efisien.

1.     Manage a calendar. Tulislah semua kegiatan penting seperti meeting dan deadline tugas di kalender atau sejenisnya yang sering anda gunakan atau cek setiap hari. Gunakan reminder di handphone anda satu hari sebelumnya sebagai pengingat.
2.     Find what works on you. Tidak hanya satu cara untuk mengelola waktu anda. Jika anda menggunakan kalender di handphone lebih mudah, use it. Atau dengan cara menuliskannya dan dipajang ditempat yang sering terlihat lebih mudah untuk anda, lakukan hal itu.
3.     Make a daily to do a list. Sebelum tidur tulislah apa saja yang akan anda lakukan untuk keesokan harinya, agar saat anda bangun pagi anda siap karena anda memiliki semua yang anda butuhkan atau yang akan anda lakukan tepat di hadapan anda. Dengan membuat list dan dijadikan wallpaper di handphone anda akan memudahkan anda untuk melakukan pekerjaan anda. Tambahakan waktu yang anda butuhkan untuk menyelesakan perkerjaan tersebut.
4.     Jangan menunda-nunda. Berhenti untuk menunda-nunda pekerjaan yang anda tidak ingin lakukan atau sulit untuk dilakukan. Pekerjaan itu akan lebih cepat selesai dari apa yang anda perkirakan jika anda menanganinya terlebih dahulu.
5.    Notifications off. Jangan biarkan media sosial membuang-buang waktu anda dengan cara mematikan notifikasi aplikasi media sosial di handphone anda.
6.    Don’t forget about yourself. Ketika anda membuat rencana jangan lupa menyertakan kegiatan yang berkaitan dengan kesenangan dan atur juga waktu istirahat anda. Selama waktu ini, pastikan anda benar-benar lepas dari pekerjaan anda agar istirahat menjadi maksimal walaupun hanya sebentar. Jangan lupa untuk makan pada tepat waktu karena dengan telatnya makan akan mengurangi kosentrasi dalam melakukan pekerjaan anda sehingga tidak efektif dan hasilnya tidak maksimal.
7.    Jika ada pekerjaan atau tugas yang dapat dikerjakan secara berkelompok lakukanlah karena dengan seperti itu pekerjaan akan lebih cepat selesai.

Ditulis oleh: Safira Nurul Imani - 1506730716 - Geologi

No comments:

Post a Comment