Kualitas hidup
anda tergantung bagaimana cara anda mengelola waktu bukan berapa banyak energi
yang dibutuhkan pada apa yang anda lakukan. Jika anda memiliki banyak hal yang
harus dilakukan atau anda ingin mengatur waktu anda lebih efisien. Anda perlu belajar
bagaimana cara mengelola waktu. Berikut tips cara mengelola waktu agar lebih
efisien.
1. Manage a calendar. Tulislah semua
kegiatan penting seperti meeting dan deadline tugas di kalender atau
sejenisnya yang sering anda gunakan atau cek setiap hari. Gunakan reminder di handphone anda satu hari sebelumnya sebagai pengingat.
2. Find what works on you. Tidak hanya
satu cara untuk mengelola waktu anda. Jika anda menggunakan kalender di
handphone lebih mudah, use it. Atau dengan cara menuliskannya dan dipajang
ditempat yang sering terlihat lebih mudah untuk anda, lakukan hal itu.
3. Make a daily to do a list. Sebelum
tidur tulislah apa saja yang akan anda lakukan untuk keesokan harinya, agar
saat anda bangun pagi anda siap karena anda memiliki semua yang anda butuhkan
atau yang akan anda lakukan tepat di hadapan anda. Dengan membuat list dan
dijadikan wallpaper di handphone anda akan memudahkan anda untuk melakukan
pekerjaan anda. Tambahakan waktu yang anda butuhkan untuk menyelesakan
perkerjaan tersebut.
4. Jangan menunda-nunda. Berhenti untuk
menunda-nunda pekerjaan yang anda tidak ingin lakukan atau sulit untuk
dilakukan. Pekerjaan itu akan lebih cepat selesai dari apa yang anda perkirakan
jika anda menanganinya terlebih dahulu.
5.
Notifications
off. Jangan biarkan media sosial membuang-buang waktu anda dengan cara
mematikan notifikasi aplikasi media sosial di handphone anda.
6.
Don’t
forget about yourself. Ketika anda membuat rencana jangan lupa menyertakan
kegiatan yang berkaitan dengan kesenangan dan atur juga waktu istirahat anda. Selama
waktu ini, pastikan anda benar-benar lepas dari pekerjaan anda agar istirahat
menjadi maksimal walaupun hanya sebentar. Jangan lupa untuk makan pada tepat
waktu karena dengan telatnya makan akan mengurangi kosentrasi dalam melakukan
pekerjaan anda sehingga tidak efektif dan hasilnya tidak maksimal.
7.
Jika ada pekerjaan atau tugas yang dapat
dikerjakan secara berkelompok lakukanlah karena dengan seperti itu pekerjaan
akan lebih cepat selesai.
Ditulis oleh: Safira Nurul Imani - 1506730716 - Geologi
No comments:
Post a Comment