Friday, September 18, 2015

Pola Makan Sehat



Mayoritas orang Indonesia tidak peduli dengan kandungan dari apa yang mereka makan. Mereka justru lebih mementingkan rasa nikmat dari makanan tersebut. Kita bisa lihat di TV atau di lingkungan sekitar, seberapa banyak orang muda yang sakit karena pola makan yang salah. Mereka justru memilih berobat ke dokter, daripada menjaga pola makannya. Tanpa adanya perubahan, kita tidak akan pernah sadar akan kesehatan. Memang, untuk mendapatkan hidup yang sehat, perlu sedikit usaha, tetapi tidak mesti dengan biaya mahal.
Makanan di Indonesia begitu banyak dan beragam. Mulai dari Aceh sampai Papua. Apalagi makanan Indonesia pembuatannya didominasi dengan minyak, cabe, garam dan gula. Tetapi, dari semua makanan khas daerah tersebut, ada yang membuat kita sehat dan juga membuat sakit. Baik itu sakit yang ringan, ataupun sakit yang berat. Belum lagi ada sedikit oknum yang nakal mencampurkan bahan kimia yang berbahaya, semata-mata untuk mendapatkan keuntungan saja, tanpa memikirkan kesehatan konsumennya. Namun dari semua itu bisa dicegah dengan memilih makanan yang sehat untuk di konsumsi. Atau membuat makanan sendiri di rumah dengan bahan-bahan masakan yang sehat.
Pola makan yang sehat, bila dimulai sejak dini bisa membuat umur hidup jadi panjang. Asalkan kita punya tekad yang kuat untuk menjaganya. Kita tahu masakan yang enak kebanyakan digoreng dengan minyak. Baik itu minyak nabati ataupun minyak hewani. Sebenarnya, makanan yang digoreng dengan minyak tidak begitu baik bila dikonsumsi. Karena minyak dapat menyebabkan kolesterol meningkat. Yang akhirnya membuat timbulnya berbagai penyakit. Mulai dari penyakit ringan seperti batuk sampai dengan radang dan penyempitan pembuluh darah karena lemak. Supaya kita tidak terkena penyakit-penyakit tersebut, sebaiknya kita mengurangi makanan yang menggunakan minyak goreng. Caranya dengan beralih ke makanan yang direbus, dikukus, atau dioven.
Selain pola makan yang harus di jaga, kita juga tidak lupa dengan apa yang kita minum. Minuman yang baik dan menyehatkan juga tidak mesti mahal. Biasakan meminum air putih yang cukup dan mengurangi minuman berwarna, rasa-rasa, soda, kopi, dan teh. Karena dari minuman berwarna dan rasa-rasa, banyak mengandung zat pewarna dan pemanis buatan, alias tidak alami dan bahan kimia seperti pengawet yang berbahaya bagi tubuh seperti sodium-benzoat. Kemudian dari minuman bersoda juga tidak baik untuk tubuh kita dikarenakan mengandung pewarna buatan, pemanis buatan, pengawet, dan memiliki kandungan kafein yang dapat menyebabkan ketergantungan, sehingga peminum minuman bersoda seringkali tidak bisa lepas dari minuman yang satu ini. Lalu, untuk kopi dan teh, kedua minuman ini memang baik dikonsumsi untuk kesehatan tubuh seperti kopi berguna untuk zat antioksi, menjaga kebugaran dan konsentrasi serta mengurangi resiko penyakit parkinson. Kemudian untuk minuman teh, berguna untuk mengurangi resiko penyakit jantung, mengurangi dehidrasi, dan mendorong metabolism tubuh. Tetapi dampak negatifnya dimulai dari kopi Mengakibatkan jantung berdetak lebih kencang (berdebar),gelisah,insomnia,gugup tremor,mual dan muntah, Mengakibatkan tekanan darah meningkat, dan Pada wanita dapat mengakibatkan penurunan kesuburan kandungan. Kemudian dampak negative adalah mengganggu fungsi ginjal, untuk ibu yang sedang mengandung, dapat mengakibatkan janin kekurangan zat besi dan anemia, jika dikonsumsi dalam keadaan panas dapat meningkatkan resiko kanker tenggorokan. Kemudian yang terakhir, semua minuman tersebut tidak mudah larut dalam pencernaan. Karena itu, ginjalpun akhirnya harus bekerja keras untuk mencernanya. Untuk itu air putih menjadi minuman yang sehat, peraktis, dan murah.
Jadi, untuk memiliki hidup yang sehat dan murah, kita harus memulainya dengan mengkritisi dalam hal memilih makanan dan minuman serta tidak berlebihan dalam mengonsumsinya. Supaya, kita terhindar dari penyakit-penyakit yang sebenarnya dibuat oleh kita sendiri tanpa kita sadari. Untuk itu, mulailah dari sekarang menjaga tubuh ini agar hari tua bisa dinikmati dengan indah bersama keluarga.


Faris Maulana Y
1506733964
Geofisika UI 2015

No comments:

Post a Comment