Friday, September 18, 2015

Philae, Si Robot yang Berhasil Mendarat di Komet



Pada tanggal 12 November 2014, Badan Antariksa Eropa atau European Space Agency (ESA) berhasil mencatatkan sejarah. Ya, sebuah robot buatan ESA berhasil mendarat di sebuah komet. Robot tersebut dinamakan Philae. Philae berhasil mendarat di sebuah komet yang bernama Komet 67P/Churyumov-Gerasimenko. Komet ini ditemukan pada tahun 1969. Komet ini juga memiliki panjang sekitar 3-5 km dan berjarak

Image result for philae

Philae pertama kali diluncurkan oleh ESA pada 2 Maret 2014. Philae yang memiliki masa 100 kg diluncurkan menggunakan pesawat induk Rosetta. Selama 10 tahun, Pesawat antariksa Rosetta telah mengorbit komet sejak benda angkasa itu masih berada sekitar enam milyar kilometer dari bumi. Philae melepaskan diri dari Rosetta dan bergerak menuju komet selama 7 jam sebelum akhirnya sukses mendarat di permukaan komet.


Philae diaktifkan sehari sebelum pendaratan dan mendarat dengan selamat pada kecepatan 1 meter per detik. Kecepatan landing yang begitu rendah tersebut dikarenakan medan gravitasi dari komet 67P sangan kecil dengan rasio 1/100.000 dibanding Bumi. Untuk mencegahnya kembali terlontar ke luar angkasa, Philae yang menggunakan sistem tripod menancapkan 'kaki-kaki'nya pada komet tersebut dengan cara mengebor permukaan komet. Pendaratan memang sudah diperhitungkan sehingga Philae mendapat cukup sinar matahari sebagai sumber daya untuk kelangsungan aktifitasnya. ESA melaporkan bahwa Philae telah mulai menangkap gambar dan panorama hingga berlanjut pada misi 2,5 hari dan memanfaatkan total 10 instrumen. Rentang waktu dapat ditingkatkan jika panel surya cukup menerima sinar matahari untuk mengisi baterai Philae.

Di permukaan komet itu, komponen bernama ROLIS (Rosetta Lander Imaging System) pada Philae akan merekam gambar permukaan komet dari jarak dekat (close up) untuk pertama kalinya dalam sejarah.Lalu data akan dikirimkan ke bumi lewat pesawat pengorbit. Begitu pula material yang dibor oleh komponen bernama SD2 (sampling, drilling, and distribution subsystem) yang ada di badan Philae.Para ilmuwan berharap sampel yang diambil dari permukaan Komet 67P/Churyumov-Gerasimenko akan mengungkap rahasia dari proses terbuatnya planet dan kemunculan kehidupan. Batuan dan es pada komet disebut memiliki kemampuan menjaga informasi itu seperti kapsul waktu.

Berikut gambar perkiraan Pengejaran Komet 67P:


image

image

image

Berikut adalah beberapa gambar yang diambil oleh Philae.

Image result for philae mendarat pada tanggal
Image result for philae mendarat pada tanggal
image 



Ditulis oleh


Boy Raka Pratama, Geofisika, 1506737496

No comments:

Post a Comment