Saturday, September 12, 2015

Penggunaan Palu Geologi






Palu geologi adalah sebuah alat yang esensial untuk geosaintis dan orang-orang yang bekerja atau belajar di bidang kebumian. Palu geologi mempunyai banyak kegunaan, contohnya adalah mengambil sampel batuan dari lapangan. Tidak jarang pula komunitas keilmuan geosains memiliki logo yang terdapat gambar palu geologi didalamnya. Banyak mahasiswa ilmu kebumian menganggap palu geologi bukan alat yang sangat penting padahal hampir seluruh pekerjaan geosaintis memerlukan bantuan alat palu geologi. Sebagai calon geosaintis, mahasiswa departemen geosains harus mengetahui cara menggunakan palu geologi. Berikut adalah beberapa tips dasar dalam menggunakan palu geologi.



1. Bagian Palu yang Digunakan
Sebelum menggunakan palu geologi, harus diperhatikan dan diperkirakan terlebih dahulu, bagian manakah yang akan dipakai untuk 'memukul' sampel batuan. Biasanya bagian depan yang tumpul digunakan pada batuan sedimen, sedangkan bagian belakang yang tajam digunakan pada batuan beku. Perbedaan penggunaan ini penting karena dapat memberikan pengaruh yang signifikan untuk keselamatan dan kenyamanan kita sendiri.

2. Bagian Batu untuk Diambil Sampelnya
Dalam penelitian batuan, sampel batu yang diambil harus dalam keadaan segar atau baru. Batu memiliki sifat yang keras maka dari itu sampel batuan segar agak sulit diambil. Namun pada setiap batu terdapat bagian yang lebih lunak atau rapuh, maka dari itu untuk kemudahan kita sendiri alangkah baiknya jika kita mengambil sampel batuan dari bagian ujung nya atau bagian yang terdapat rekahannya.

3. Tenaga yang Diperlukan
Jangan menggunakan palu geologi terlalu keras, karena pecahannya dapat membahayakan pengguna palu sendiri atau orang-orang di sekitarnya. Perkirakan tenaga yang cukup untuk mengambil sampel, perhatikan juga sudut antara palu dengan batuan serta jarak aman untuk meminimalisir resiko terkena pecahan batuan atau timbal balik reaksi palu.

Berikut adalah 3 tips dasar menggunakan palu geologi, semoga bermanfaat.

Iqbal Lail Mukarom_1506729632_Geologi
Referensi: http://belajargeologi.com

No comments:

Post a Comment