Saturday, September 12, 2015

Passion dan Jurusan






Passion dan Jurusan




Banyak yang bertanya, bagaimana cara untuk memilih jurusan yang tepat untuk duduk ke bangku kuliah setelah selesai menempuh bangku SMA nya. Apakah harus menuruti keinginan orangtua, atau keinginan sendiri. Apakah harus memilih jurusan yang kece badai atau jurusan yang biasa saja dan dipandang sebelah mata. Apakah harus memilih universitas yang sudah melalang buana atau yang masih tersudutkan. Dan disini saya akan membahas dahulu trik tentang memilih sebuah jurusan dan sedikit hubungannya dengan passion dalam memilih sebuah jurusan.
Untuk memilih jurusan, pertama kenali kemampuan kita dibidang apa. Apakah dibidang sains, social atau teknologi ataupun yang lainnya. Nah minat itu apa sih. Kalo kata seorang tokoh psikologi yg namanya Joy Paul Guilford , minat itu adalah kecenderungan tingkah laku umum seseorang untuk tertarik pada sekelompok hal tertentu. Jika Anda punya minat yang kuat dalam bidang tertentu, otomatis Anda akan bersemangat untuk menghadapi semua tantangan dan kesulitan yang ada.
Yang kedua kemampuan yang kita miliki, seperti prestasi yang telah dimiliki dari segi akademis maupun non akademis. Misalnya, nilai, sertifikat dan pencapaian lainnya. Karena dengan mengetahui kemampuan maka kita akan menyadari apakah kemampuan ini sejalan dengan minat kita. Jika kamu memilih jurusan kedokteran, hukum dan bidang ips lainnya yang notabene di dominasi oleh kemampuan menghafal, pastikan bahwa kamu kuat dalam menghafal, dan nilai ipa/ips yang diraih semasa sma baik. Sama halnya jika kamu memilih jurusan matematika, pastikan bahwa logika dan cara menghitung kamu dapat berjalan dengan sangat baik. Karena mengumpulkan maupunmeningkatkan kemampuan potensi ini membutuhkan waktu yang tidak bisa terbentuk hanya dalam 1/2 hari, tetapi berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun, oleh karena itu mulailah memikirkan jurusan kuliah sedini mungkin.
Selain itu hobi yang kita miliki dapat memberikan petunjuk juga. Misalnya, kamu hobi bermain game atau bermain musik. Mungkin kamu dapat memasuki salah satu bidang komputer ataupun dibidang seni dan musik. Tetapi ingat, walaupun minat, hobi dan passion memiliki inti yang sama, tetapi mereka memiliki definisi spesifik berbeda satu sama lain loh. Apasih bedanya? hmm...(Silahkan baca di blog saya)
Dan terakhir cita-cita. Apasih cita-cita saya sejak dulu. Tapi seiringnya waktu cita-cita yang kita miliki pun berubah sesuai dengan kemampuan yang kita sadari dan keinginan yang baru kita miliki.
Dan apa sih hubungannya dengan passion? Menurut saya, Passion adalah sebuah semangat dan keinginan yang kuat dalam mengerjakan suatu hal, dan dapat menyebabkan rasa kenyamanan dan ketagihan sehingga dalam jangka waktu terntu pekerjaan itu pasti dilakukannya. Misalkan kamu suka dengan menghitung, tidak ada hari bahkan detik sekalipun tanpa meghitung, mungkin itulah passion nya, matematika. Mungkin kamu suka dengan proggamming computer, dan setiap hari belajar tentang computer, bisa jadi salah satu passion kamu computer. 
Passion diartikan memiliki kekuatan dan pengaruh yang kuat dalam melakukan dan menjalani sebuah pekerjaan. Tetapi manakah yang harus kita dahulukan antara kesempatan yang datang pada kita dan passion yang kita miliki?
Dan bagaimana jika terlanjur masuk ke sebuah jurusan yang tidak kita sukai, tidak kita minati, tidak di bidang kita? Isitilahnya kecebur di bidang itu? Apakah harus keluar dari sana atau berenang terlebih dahulu di kolam tersebut? Itu kembali ke diri kalian masing-masing ingin mengambil tindakan mana, hati kalian ingin meuju kemana. Tapi pastikan jangan salah memilih. Dan untuk saya pribadi yang mungkin ‘kecebur’ di jurusan ini, saya tidak akan langsung keluar dari sini, tetapi saya akan berenang menelusuri, mencari dan menemukan passion saya dibidang ini. Kita tidak akan pernah tahu apa passion kita sampai kita mencari tahu hal itu. Mungkin berat pada awalnya karena sebelumnya sudah yakin bahwa passion yang akan saya jalani adalah bidang kesehatan, berat rasanya meng ikhlaskan semua yang telah diperjuangkan bertahun-tahun sebelumnya, tetapi mungkin memang ini yang terbaik. Satu hal, tidak selamanya passion itu akan sama loh, pasti sewaktu-waktu akan berubah seiringnya berjalan waktu dengan kegiatan yang telah kita laksanakan dalam keseharian. Karena saya sadar ternyata bidang ini tidak seberat yang saya kira :).

          Itulah Tips n' trik dan sedikit kisah yang sedang saya tempuh. Semoga dapat membantu dan menginspirasi kalian para calon penerus bangsa ini.
So, apakah sudah terpikirkan jurusan apa yang akan anda masuki nanti adek-adek?

Find out your passion and be the success human -kny-

Khairunnisa nazhifah yudyawati-1506731795-Geofisika

No comments:

Post a Comment