Saturday, September 12, 2015

Belajar Manajemen Waktu



Hai, berikut ini adalah beberapa hal yang saya rangkum berkaitan dengan pengelolaan/manajemen waktu yang dapat diartikan mengatur atau mengelola waktu dimana kita melakukan hal yang benar pada waktu yang tepat. Alasan kita harus mengatur waktu dikarenakan waktu adalah sumber daya yang tidak bisa kita simpan. Kunci sukses manajemen waktu adalah dengan mengalokasikan waktu khusus untuk tugas-tugas sesuai kepentingan dari tugas yang harus diselesaikan. Manajemen waktu memainkan peran penting tidak hanya dalam organisasi, tetapi juga dalam kehidupan pribadi seseorang. Mahasiswa yang bercita-cita untuk sukses dalam akademik dan non akademik harus menanamkan pemikiran pentingnya nilai dari waktu. Berikut merupakan tips untuk membagi waktu :





1. Tetapkan tujuan. Cari tahu tentang apa yang ingin dicapai dalam hidup.Tuliskan cita-cita beberapa tahun kedepan,misal 5 tahun kedepan, di selembar kertas.Hal ini akan menjadi motivasi untuk mengerjakan sesuatu dengan sungguh-sungguh.

2. Menjadikan waktu belajar dikelas adalah waktu terbaik untuk belajar. Biasanya jika ada kegiatan luar kelas membuat tubuh menjadi kelelahan dan membuat seorang mahasiswa tidak belajar dirumah. Jadi waktu pelajaran dikelas adalah waktu yang harus dimanfaatkan. Jika ada waktu sebelum pelajara dimulai, bacalah materi yang akan dijelaskan oleh pengajar, agar saat guru menjelaskan, kita dapat dengan mudah menangkap apa yang diterangkan oleh guru.

3. Buatlah daftar harian. Catat kegiatan harian dalam sebuah note kecil atau media lainnya supaya tidak lupa. Misalnya kegiatan sepulang kuliah, PR dan tugas yang harus dikerjakan dan kapan harus dikumpulkan, serta kegiatan atau tugas diluar sekolah. Cara ini dapat mengurangi sifat lupa atau teledor dan membuat kita ingat apa yang harus dikerjakan.Tentunya jangan lupa untuk membuka catatan hariannya.

4. Hindari gangguan belajar. Seorang mahasiswa selalu mempunyai gangguan saat belajar.Mungkin karena suasana atau benda-benda disekitarnya seperti handphone, laptop, televisi, dan barang elektronik lainnya. Untuk zaman seperti ini, tentu gangguan utama belajar adalah gadget. Saat belajar ada yang sms lah ada yang ngirim whatsup lah, bbm lah, facebook lah, twitter, line dan sejenisnya, seketika menghentikan belajar dan membalas pesannya. Kalau hanya satu-dua tidak masalah. Kalau berkali-kali? akhirnya buku hanya terbuka dan pulpen hanya tergeletak. Maka dari itu usahakan untuk menahan tidak memainkan gadget itu.

5. Belajar sebisa mungkin. Belajarlah sebisa mungkin semaksimal mungkin agar tidak merasa ketinggalan belajar. Jika sudah menguasai suatu bab dalam pelajaran kita akan mudah dalam mengerjakan soal.

6. Tetap konsentrasi dan fokus. Usahakan tetap fokus dan konsentrasi dalam setiap pelajaran dan kegiatan. Dan supaya aliran darah tetap lancar usahakan beristirahat 5-10 menit setiap 30-40 menit. Karena jika aliran darah lancar maka pikiran juga akan lancar.

7.Jalankan rencana sesuai jadwal yang telah dibuat. Hal ini dilakukan agar kegiatan berjalan dengan lancar dan tidak ada yang tertinggal.

8.Memilih kegiatan yang memprioritaskan banyak orang. Jika tiba-tiba ada kegiatan dadakan, prioritaskan yang lebih mementingkan banyak orang. Karena itu adalah tanggung jawab. Serta mulailah untuk berkata tidak untuk hal-hal yang tidak terlalu penting.

9.Tetapkan batasan waktu jika ada pekerjaan yang tertunda. Jika ada pekerjaan yang tertunda, segera tetapkan kapan maksimal pekerjaan itu harus dikerjakan agar pekerjaan itu tidak tertunda-tunda terus.

10. Hargai diri sendiri yang telah membuat rencana. Maksudnya jika memang rencana telah dibuat, maka jalankanlah rencana tersebut, jangan buang waktumu dengan memikirkan hal lain yang justru bisa jadi malah merugikan diri sendiri.

Sekian artikel ini saya buat, semoga bermanfaat bagi para pembaca sekalian. Terimakasih. Geosains Ntap!!

Ditulis oleh : Reza Muflihendri W/Geofisika/1506735856

No comments:

Post a Comment