Saturday, September 12, 2015

Kenapa sih Rupiah Bisa Melemah?

Apa yang menyebabkan rupiah semakin melemah?


Source: bisnis.liputan6.com
Seperti yang kita tahu, akhir-akhir ini di berita banyak diberitakan bahwa nilai rupiah anjlok, sampai saat saya menulis tulisan ini $1 senilai dengan Rp 14.249. Penurunan nilai rupiah ini merupakan yang terburuk semenjak krisis ekonomi yang terjadi di tahun 1998. Tapi sebenarnya siapa yang patut disalahkan?


Ternyata, salah satu faktor yang menyebabkan anjloknya nilai rupiah adalah karena menguatnya perekonomian Amerika Serikat. Pada tahun 2008, AS mengalami krisis ekonomi. Hal ini membuat pemerintah AS mengeluarkan kebijakan baru yaitu Quantitative Easing. QE dapat dijelaskan sebagai upaya pemerintah AS untuk menyuntikkan dana stimulus yang dapat membangkitkan ekonomi mereka dari terpaan krisis. Mereka mencetak dollar baru terus-menerus, yang kemudian digunakan sebagai stimulus ekonomi. Dana tersebut selanjutnya dipakai oleh para investor sehingga mereka dapat berinvestasi ke negara-negara berkembang, salah satunya Indonesia.

source: katadata.co.id
Kemudian, setelah perekonomian mereka membaik pemerintah AS mengeluarkan kebijakan baru yaitu Tapering off. Jadi dapat dikatakan Amerika memotong dana stimulus tersebut sehingga para investor akhirnya pulang ke Amerika dan hal ini menyebabkan jumlah dollar yang beredar di negara berkembang menjadi sedikit hal ini menyebabkan nilai dollar menguat dan tentu saja nilai rupiah menjadi anjlok.

Jadi, dapat dikatakan bukan hanya Indonesia saja yang saat ini mengalami krisis ekonomi, karena negara lain seperti China, Russia, India ataupun Malaysia juga mengalami pelemahan nilai mata uang masing-masing. Bahkan masih banyak negara lain yang mengalami pelemahan nilai mata uang yang lebih parah dari Indonesia

Akibat dari menguatnya dollar, perekonomian global menjadi lesu hal ini menyebabkan komoditas ekspor Indonesia menjadi sepi peminat, ekspor kita lesu sedangkan impor kita terus-menerus berjalan. Hal ini berakibat pada neraca perdagangan kita menjadi anjlok.

Dapat disimpulkan, salah satu faktor terbesar yang menyebabkan melemahnya nilai rupiah adalah karena membaiknya perekonomian Amerika, maka dari itu kita sebagai masyarakat Indonesia harus sadar akan situasi yang kita hadapi sekarang ini dan berusaha untuk berkontribusi agar perekonomian Indonesia dapat membaik.

 
Sources: 


Ditulis Oleh: Fayyed Abdullah - 1506727500 - Geofisika UI 2015

No comments:

Post a Comment