Friday, September 18, 2015

Indonesia Krisis Pemimpin(2)

Assalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh

Syukur Alhamdulillah, saya masih bisa berbagi dengan kawan-kawan semua di blog Geosains Universitas Indonesia 2015.

Dalam pembahasan yang lalu, telah dibahas sekilas tentang "krisis" pemimpin di Indonesia. Kita sering dibuat bingung, pemimpin seperti apakah yang kita harapkan untuk pemimpin Indonesia. Dalam artikel lanjutan ini, saya akan memberikan sebuah pendapat tentang pemimpin yang dibutuhkan oleh Indonesia :


1.)Pemimpin yang Ber-Iman

Pemimpin bukan hanya orang yang ahli dalam hal 'menggerakkan'. Pemimpin adalah orang-orang yang sadar akan tugasnya di dunia yaitu sebagai pemimpin atau khalifah. Kekuatan seorang pemimpin bukan hanya dilihat dari fisik dan pemikirannya. Tapi Qalbu atau Hatinya yang kokoh. Diibaratkan sebagai fondasi, hati dengan Iman yang kuat akan menunjukkan perilaku yang berani. Pemimpin yang merasa tanggung jawabnya langsung kepada Tuhan tentunya akan bersungguh-sungguh dalam memimpin.

2.)Pemimpin yang Ber-Nyali

Berjuang di ranah politik, berarti berusaha sekuat tenaga untuk menjadi orang yang politis. Orang yang bisa jadi "munafik", yaitu orang yang berusaha didukung oleh seluruh pihak. Indonesia tidak membutuhkan pemimpin yang terlalu NAIF seperti ini. Sebagai negara berkembang, yang dibutuhkan adalah pemimpin yang mencintai dan gila akan gebrakan-gebrakan positif. Tekhnologi, energi terbarukan, produk unggulan, pemanfaatan sumber daya alam, yang kreatif dan out of the box Indonesia membutuhkan pemimpin yang mau tidak mau harus sedikit cuek terhadap opini publik , apalagi media yang dikuasai lawan politik. Indonesia butuh pemimpin yang mempunyai ide dan gagasan serta keberanian dan tekad untuk mewujudkannya.

3.)Pemimpin yang Ber-Sahaja

Bukan hanya alim dan nekat, tetapi dibutuhkan kedewasaan dari seorang Pemimpin. Pemimpin yang bersahaja, yang berani namun tidak tergesa-gesa adalah pemimpin yang mampu menginspirasi rakyatnya lewat kedewasaan dan ketenangan.

Sifat-sifat inilah yang harus dimiliki seorang pemimpin , khususnya di Indonesia. Pemimpin yang berfilosofi hakiki atau merasa bertanggung jawab langsung kepada Tuhan, juga pemimpin yang berani berfikir dan bertindak 'Out of The Box' demi kemaslahatan bangsanya, sert
a pemimpin yang dewasa dan ditakuti dalam arti luar biasa dihargai dan dihormati. Semoga Indonesia segera menemukan sosok tersebut. Bukan tidak mungkin, pemimpin yang sempurna ini adalah ANDA!

Salam Pemimpin Muda!
Wassalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh

AchmadZefchaRivaldi
1506726593
Geofisika 2015

Image Source :
http://41.media.tumblr.com/9a46630e6cf0e4831fb3af3fa8d3b8de/tumblr_mgmgnogGBN1ql8oz8o1_1280.png

No comments:

Post a Comment