Friday, September 18, 2015

Cara Belajar yang Efektif walau Banyak Kegiatan di Luar Kuliah

Haloo pengunjung blog Geosains dimanapun kalian berada :) Terima kasih karena kalian masih menyempatkan visit blog kami yaa hehehe..

Kali ini, gue akan ngasih tips tentang Gimana sih cara belajar yang efektif, walaupun kita orang masih menghadapi beragam kegiatan lain macem PSAD yang super sibuk ataupun Kegiatan Organisasi yang penuh jadwal rapat, dll? Beberapa tips ini bisa kalian coba:

1. Buat Skala Prioritas


Serius deh.. dengan kita buat skala prioritas tugas, kita jadi bisa tahu mana tugas yang harus dijerkain duluan (karena susah, jadi bisa nyari-nyari materi dulu), atau tugas yang bisa dikerjain "ntar-ntaran". (?) Sebenernya ga baik juga sih nunda-nunda tugas, tapi kan ini nundanya karena ada tugas yang lebih kita prioritasin, jadi ya ga apa-apa sih.. #labil..

2. Selalu Review Materi yang Udah Dipelajarin

Coba deh, setelah sampe kostan/rumah, walau udah malem, disisihin waktu entah 20 menit, atau 30 menit buat ngereview materi yang hari ini kita pelajarin. Dengan ngereview materi yang udah dipelajarin, akan lebih mudah kita nginget materi-materi kuliah itu hehehe. Oiya, biar gangantuk pas ngereview, coba dibuat nyaman aja diri kita pas ngereview materinya :)


3. Lakukan Diskusi dengan Siapapun

Nahh kalo setelah review materi, kita masih blah bloh* (*bahasa apaan ini-__-) juga sama materi yang udah dijelasin dosen, jangan malu untuk minta temen jadi temen diskusi kita. Diskusinya ga harus dilakuin secara langsung tatap muka, bisa aja lewat line dll, tapi kalo diskusi enaknya ya tatap langsung ya.. gacapek ngetiknya juga kan.. Bisa juga dengan cara kita mancing pertanyaan ke dosen, biar dosen ngejelasin lagi materi ituu wkwkwk..


4. Belajar Membaca Cepat

Kalau cara-cara diatas bener-bener gabisa lu lakuin karena super sibuk, coba deh latihan cara membaca dengan cepat. Dengan membaca cepat, kita bisa memilah milih informasi mana yang penting, mana yang gak penting. Kita pun juga bisa  menguasai informasi/materi dengan waktu singkat. Tapi hati hati ya, membaca dengan teknik ini ada kelemahannya juga.. Teknik membaca cepat punya kemungkinan besar membuat kita nge-skip informasi penting dari suatu materi, jadi harus bener-bener hati-hati dan latih dulu sampe lancar baru dipraktekin yaak


5. Jangan lupa Luangkan Waktu untuk Liburan

Walaupun elu punya predikat mahasiswa super sibuk dengan semua kegiatan lu, bukan berarti disaat senggang elu juga harus sok sibuk dengan kegiatan lu.. Coba luangin waktu, buat ngilangin kejenuhan, dengan hangout bareng temen, atau balik ke rumah nemuin ortu (kalo deket rumahnya), atau lakuin hobi hobi kalian yang selama kalian sibuk susah banget dilakuin. Liburan ini penting banget loh, karena dengan kita nenangin pikiran sejenak, otak kita pun jadi siap aktivitas dan belajar lagi di keesokan harinya :)


Heheheh sekian dulu ya post gue tentang cara belajar yang efektif, semoga kita bisa praktekkin cara-cara ini dan bisa jadi mahasiswa yang sibuk dengan kegiatan-kegiatan luar kampus, sekaligus berprestasi di akademiknya :) Aamiin

Ciao~

Muhammad Fachry Reyvaldo (Aldo)
Geologi UI 2015

Referensi (dengan diedit isinya sedikit): http://www.anakui.com/2015/03/06/cara-belajar-efektif-untuk-mahasiswa-super-sibuk/



No comments:

Post a Comment