Friday, September 18, 2015

Berkreasi dengan Font



Poster, brosur, maupun media visual lainnya, pasti menggunakan tulisan. Tulisan dalam media tersebut bentuknya bermacam-macam. Ada yang tebal maupun tipis, kecil maupun besar. Ada yang bentuknya seperti huruf mesin ketik, ada pula yang seperti tulisan tangan. Tulisan-tulisan tersebut disebut font.



Pernah terpikir, darimana poster film dan iklan-iklan ternama mendapatkan font dalam poster mereka? Mereka biasanya membayar seorang desainer font untuk poster mereka, atau membeli lisensi font berbayar di situs tertentu. Dengan begitu, mereka bisa mendapatkan bentuk huruf yang sesuai dengan yang mereka inginkan. Poster-poster tersebut pun akan terlihat lebih indah dan menarik banyak orang. Sedangkan bagi kita, yang biasa menggunakan font bawaan Windows, pilihan font yang dapat kita gunakan sangat terbatas. Akibatnya, hasil ketikan kita pun menjadi sangat monoton, seperti ini:


Bosan kan dengan font-font biasa seperti ini?

Lantas, apakah kita harus membayar demi mendapatkan font yang menarik?

Tentu saja tidak! Cukup banyak ditemui desainer font yang menyediakan font gratis dengan pilihan donasi. Maksudnya, kita bebas ingin membayar atau tidak kepada orang tersebut. Bahkan ada pula yang menyediakannya secara benar-benar gratis.

Berikut adalah daftar situs-situs yang biasa kukunjungi ketika ingin mencari font:
www.dafont.com
www.fontsquirrel.com
www.fontspace.com/popular/fonts

dan ini adalah contoh hasil karyaku dengan menggunakan font hasil download:



Selamat berkreasi!

Felix Andrean - 1506734424 - Geofisika

No comments:

Post a Comment