Saturday, September 12, 2015

Bahagia

Apakah arti bahagia?

Apa yang membuatmu bahagia?

Kebahagian itu tidak terbatas.

Kebahagiaan bisa datang dari apa saja, di mana saja, kapan saja dan dari siapa saja. Hal-hal besar seperti barang mahal, prestasi tinggi, jabatan atau popularitas tidak membatasi kita dari kebahagiaan. Kebahagiaan datang dari hal-hal sederhana. Makan malam bersama keluarga, melihat senyuman dari orang yang kita bantu, melihat anak-anak tertawa bersama saat bermain, mendapat traktiran es krim. Bahkan hal yang lebih sederhana seperti menerima pesan singkat dari orang yang kita sayang juga dapat membuat kita bahagia.



Bahagia itu sederhana.


Kita dapat belajar dari hal yang paling sederhana yang terjadi dalam kehidupan kita sehari-hari. Jika kita mengumpulkan hal-hal tersebut setiap hari dengan cara membuat daftar hal yang membuat kita bahagia, akan ada semacam "tabungan kebahagiaan" dan kita bisa menggunakannya suatu hari nanti saat kita membutuhkannya saat kita merasa tidak bahagia. Dengan melihatnya, kita diingatkan betapa banyaknya hal yang dapat membuat kita bahagia.

Contohnya:
1. Bangun dari tidur yang nyenyak.
2. Berkumpul, makan bersama keluarga.
3. Dapat pulang ke rumah.
4. Bertukar cerita dengan teman lama.
5. Mendapat senyuman dari petugas kebersihan.
6. Cuaca tidak begitu panas saat berjalan kaki.
7. Kondisi lalu lintas yang lancar.
8. Menerima kabar membaiknya saudara yang sedang sakit.
9. Mendapat perhatian dari kakak mentor.
10.Merencanakan acara pertemuan keluarga besar di rumah.

Bayangkan saja, jika kita menulis 10 hal yang dapat membuat kita bahagia setiap hari, dalam setahun kita akan memiliki 3650 hal yang dapat membuat kita bahagia. Banyak, bukan? Dari hal sederhana kita mendapatkan hal yang luar biasa.


"To be happy is a choice we make. Don't forget to share your happiness with others around you! "


Salam hangat,
Dewi Wulandari, Geofisika UI 2015

No comments:

Post a Comment